Penjabat Wali Kota Minta BPKP Audit Keuangan PDAM Ternate

  • Bagikan
Hasyim Daengbarang. (Dok Humas/Kieraha.com)

Penjabat Wali Kota Ternate Hasyim Daengbarang meminta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah untuk segera menyurat ke Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan atau BPKP Perwakilan Malut segera mengaudit keuangan PDAM Ternate.

Permintaan audit ini disampaikan pada saat Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara itu menyambangi Kantor PDAM, di Kelurahan Sangaji, Ternate Utara, Kamis 25 Maret 2021.

BACA JUGA Kisah Tragis Korban Selamat yang Saksikan Rekannya Tewas di Hutan

Hasyim menyatakan, tujuan kunjungannya tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisi perkembangan PDAM Ternate hingga saat ini. Namun dari hasil kunjungan tersebut baru diketahui sudah dua tahun terakhir PDAM tidak pernah diaudit oleh lembaga ini.

“Dari hasil pertemuan itu Direktur PDAM Kota Ternate berserta jajarannya tidak bisa menjelaskan, sehingga kita meminta untuk diadakan rapat pada 28 Maret,” katanya.

Hasyim menjelaskan, sebagai wali kota tentunya ingin mengetahui bagaimana kondisi pendapatan, pengeluaran, dan tunggakan serta aspek pelayanan PDAM.

“Apakah ini sesuai ketentuan dan berjalan secara baik atau tidak,” lanjut Hasyim.

“Ternyata pimpinan PDAM dengan semua stafnya tidak mampu menjelaskan secara teknis dan rinci, sehingga saya minta Kaban BPKAD segera bikin surat ke BPKP untuk audit, supaya bisa diketahui kondisi sebenaranya seperti apa baru dilakukan evaluasi kalau ditemukan masalah. Kita akan lihat organisasi ini sakit ngga, kalau sakit ya kita evaluasi,” sambung Hasyim.

Sahrul Jabidi

  • Bagikan