DLH Minta Jatiland Mall Ternate Kembalikan Pohon Tentris yang Ditebang

  • Bagikan
Pohon tumbang di Jalan Raya Soa Sio. (Khaira Ir Djailani)

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kota Ternate meminta Jatiland Mall kembalikan pohon tentris yang sudah ditebang beberapa hari lalu. Penebangan pohon ini tanpa koordinasi dengan pihak DLH Ternate.

“Mereka melakukan penebangan pohon tersebut tanpa ada surat pemberitahuan maupun koordinasi. Saya minta kembalikan pohon itu segera, jika tidak akan dipidanakan,” kata Kepala DLH Tonny Sachruddin Pontoh, ketika disambangi kieraha.com, baru-baru ini.

BACA JUGA Besaran Zakat Fitrah dan Pengganti Puasa Ramadan di Ternate

Ia menyatakan, penebangan pohon dengan jenis apapun yang ditanam pakai APBD harus ada pertanggungjawaban.

“Ini tidak boleh serta merta ditebang. Tolong sampaikan kepada kami, sehingga kami turun untuk melihat, jangan asal menebang,” lanjut Tonny.

Ia berharap, siapa saja yang melakukan penebangan pohon yang dianggarkan melalui APBD dapat berhati-hati karena ada undang-undang yang melindungi.

“Perbuatan penebangan pohon ini masuk dalam pidana 3 tahun atau mengganti kerugian Rp 50 juta untuk satu pohon,” tambahnya.

Kieraha.com berusaha menghubungi pihak Jatiland Mall Ternate terkait penebangan pohon ini. Namun upaya konfirmasi yang dilakukan belum bersambut. *

Sahrul Jabidi

  • Bagikan