Wali Kota Ternate Pantau Langsung Pengerukan Sampah Penyebab Genangan Air di Akehuda

  • Bagikan
Wali Kota Ternate M Tauhid Solemen saat memantau proses pengerukan sidemen di drainase penyebab genangan air masuk rumah warga di Akehuda. (Dok pribadi/Sahrul Jabidi)

Wali Kota Ternate Muhammad Tauhid Soleman turun langsung mengecek lokasi penyebab air hujan yang menggenangi 12 rumah warga di lingkungan RT04 hingga RT05, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara.

Respon mantan Sekretaris Kota Ternate tersebut sekaligus memastikan proses pengerukan bentuk dasar drainase yang tersumbat akibat adanya sedimen tanah dan pasir hingga pelapukan sampah.

BACA JUGA Sampah dari Dataran Tinggi Merusak Ratusan Pipa Air PDAM Ternate

“Siang ini, saya di Kelurahan Akehuda bersama warga dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait memantau langsung pengerukan sedimen yang menjadi titik persoalan kemarin sore,” ucap Tauhid, usai memantau proses pengerukan drainase tersebut, Minggu 27 Juni.

Tauhid menyatakan, persoalan yang dikeluhkan warga sudah sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Air yang menggenangi rumah warga ini muncul di saat musim hujan.

“Air hujan dari drainase meluap sampai ke rumah warga, akibat volume drainase sudah melibihi kapasitas. Selain itu sampah yang terjadi pelapukan dengan tanah dan pasir,” tuturnya.

BACA JUGA Warga Akehuda Palang Jalan Menuju Bandara Sultan Babullah Ternate

Wali kota mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah mengingatkan pemkot.

“Sehingga saya dan OPD terkait harus bergerak cepat untuk menuntaskan persoalan ini.¬†Mari jaga lingkungan kita, demi keberlangsungan kota ini lebih baik lagi,” tambahnya. *

Sahrul Jabidi

  • Bagikan