Pangkalan TNI AL Ternate Laksanakan Serbuan Vaksin di Takofi Pulau Moti

  • Bagikan
Serbuan vaksin di Pulau Moti. (Khaira Ir Djailani)

Serbuan vaksin nasional untuk mendukung percepatan dan pemerataan vaksinasi bagi masyarakat pulau terpencil dan terdepan di wilayah Indonesia Timur kembali dilakukan Gugus Tempur Laut atau Guspurla Koarmada III. Serbuan vaksinasi kali ini berlangsung di Kelurahan Takofi, Kecamatan Pulau Moti, Kota Ternate, Sabtu 3 Juli 2021.

Program vaksinasi yang dilaksanakan ini dipantau langsung Komandan Guspurla III, Laksma TNI Retiono Kunto dan didampingi Sekda Jusuf Sunya, dan Komandan Pangkalan TNI AL Ternate Kolonel Laut P Komaruddin.

Laksma TNI Retiono menyatakan, program vaksin di wilayah terpencil dan terdepan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pemerataan vaksin.

“Karena itu maka daerah yang menjadi pulau terpencil merupakan daerah yang paling penting karena akses komunikasi yang terbatas, sehingga langkah ini yang dilakukan untuk mempercepat program tersebut,” tutur Retiono, di Kelurahan Takofi, Sabtu siang WIT.

Selain Pulau Moti, katanya, pihak Guspurla secara berkala juga melakukan program vaksin di pulau-pulau kecil lainnya di wilayah Koarmada III, wilayah Sorong hingga Ambon, Maluku.

Laksma TNI berharap, program vaksin yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL Ternate ini bisa dilakukan secara merata dan tepat sasaran.

BACA JUGA Kasus Aktif Corona di Maluku Utara Kembali Tembus Angka 1.041 Orang

“Dengan begini tentu diharapkan masyarakat maritim di pesisir yang ada di Maluku Utara semuanya tervaksin dengan cepat,” lanjutnya.

Sekda Jusuf Sunya menambahkan, program vaksin yang dicanangkan ini perlu dilakukan dengan berkolaborasi bersama TNI AL untuk menjangkau pulau terluar dan terdepan.

“Ini dilakukan dengan harapan agar bangsa ini bisa terhindar dari Covid-19,” katanya.

Khaira Ir Djailani

  • Bagikan