Oknum Pengurus Parpol Ngaku Tim Sukses Dilaporkan Lakukan Pungli di Pasar Gamalama

  • Bagikan
Jamian Kolengsusu. (Sahrul Jabidi)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kota Ternate menemukan seorang oknum yang mengatasnamakan tim sukses melakukan penagihan uang alias pungli kepada sejumlah pedagang, di kawasan belakang Pasar Percontohan, Gamalama, Ternate Tengah.

Pungutan yang dilakukan dilaporkan sudah berlangsung dua hari sejak tanggal 25 Juli.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Ternate, Jamian Kolengsusu, ketika disambangi wartawan, di Kantor DPRD, Kelurahan Kalumata, Selasa 27 Juli 2021.

BACA JUGA Penemuan Buaya di Perairan Ternate Kembali Gegerkan Warga

Jamian menyatakan, oknum pengurus parpol ini bukan petugas pasar, melainkan datang dengan mengatasnamakan sebagai tim sukses dari partai pengusung pasangan terpilih Pilkada Ternate.

“Oknum ini diketahui biasa disapa dengan panggilan On. Bersangkutan merupakan anggota pengurus salah satu partai pengusung,” jelas Jamian, begitu disambangi, Senin pagi WIT.

Jamian menambahkan, oknum ini diberikan uang oleh pedagang senilai Rp 300 ribu, juga ada yang Rp 50 ribu per hari dengan iming-iming nantinya diberikan tempat berdagang.

“Ketika saya turun ke lapangan dan mengkroscek ternyata benar,” sambungnya.

BACA JUGA Sejarah Bentukan Lava Batu Angus di Pulau Ternate

Menurut Jamian, pungutan ini ditemukan kepada tiga orang pedagang di pasar tersebut.

“Ini harus dihentikan, sehingga kita sarankan kepada Pemkot Ternate atau dinas terkait agar memasang informasi pengaduan di setiap tempat informasi publik. Ini berupa informasi nomor HP sehingga pedagang yang kena pungutan bisa melapor,” tambahnya.

Sahrul Jabidi
Author
  • Bagikan