Belasan Ton Ikan Tuna di Ternate Diekspor ke Vietnam

  • Bagikan
Ikan tuna yang diekspor ke Vietnam dikemas dalam freezer pendingin kontainer. (Kieraha.com)

PT Kelola Mina Samudra Maluku Utara bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Kantor Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Kelas I Sultan Babullah Ternate, melepas ekspor perdana frozen yellowfin tuna, di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Minggu 15 Agustus 2021.

Ekspor perdana ikan tuna sirip kuning ini sebanyak 12,6 ton tujuan Negara Vietnam.

Shinta Dewi Arini, Kepala Direktorat Jenderal Bea Cukai Ternate memaparkan, ikan tuna yang dikirim ke Vietnam ini dikemas menggunakan freezer pendingin kontainer.

BACA JUGA Laut Masih Jadi Tempat Akhir Sampah di Ternate

“Ini sudah memiliki izin yang lengkap dan kesehatannya juga aman,” kata Shinta.

Ia mengaku, ekspor ikan ini merupakan suatu terobosan dari pengusaha di Kota Ternate.

“Tentunya akan terus didorong dan memberikan dukungan kepada pengusaha di daerah ini. Khususnya yang mau melakukan ekspor seperti ini akan kita dukung,” katanya.

Direktur PT Kelola Mina Samudra Sekendri menyatakan, ekspor ini merupakan awal dari terobosan mereka. Sebelumnya ikan tuna tersebut hanya dikirim melalui Surabaya.

“Dengan keberhasilan ini tentunya kami akan terus kirim hasil tangkapan ikan tuna. Dan ini akan dilakukan tergantung dengan jadwal kapal di sini. Sebab jika dari Maluku Utara ke Vietnam ini membutuhkan waktu hingga tiga minggu baru sampai,” tambah Sekendra.

Rian Basri

  • Bagikan