Kelompok Tani di Ternate Barat Bakal Panen 100 Ton Tomat dan Sayuran

Ilustrasi buah tomat segar. (Dok Ditjen Hortikultura Kementan)

Kelompok tani perkotaan di Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, bakal melakukan panen tomat dan sayur mayur dalam dua bulan kedepan. Hasil panen budidaya tanaman hortikultura ini ditargetkan mencapai hingga 100 ton sekali panen.

Kelompok tani hasil binaan Dinas Pertanian Kota Ternate itu berada di Kelurahan Loto. Lahan pertanian hortikultura yang terbatas dan dijadikan sebagai proyek percontohan ini dipastikan akan meningkatkan taraf produksi petani di wilayah kota pulau kecil padat penduduk ini.

BACA JUGA Pemkot Ternate Siap Fasilitasi Petani Milenial Ikut Pelatihan di Jepang

Kepala Dinas Pertanian Thamrin Marsaoly menyatakan, warga masyarakat yang tergabung dalam pilot project ini berjumlah sebanyak 70 kelompok tani.

“Tentunya ini adalah sesuatu yang luar biasa dan kemungkinan besar akan meningkatkan taraf produksi petani, yang tadinya di Kecamatan Ternate Barat hanya kurang lebih 22 ton sekali panen, insha Allah dengan perkembangan yang ada sekarang ditargetkan satu sampai dua bulan ke depan, hasil panen bisa mencapai 90 sampai 100 ton untuk komoditas tomat dan varian sayur mayur,” kata Thamrin, Sabtu 17 September 2022.

BACA JUGA Anak Muda yang Memilih Jadi Petani di Halmahera Sukses Raup Belasan Juta per Bulan

Ia berharap, lahan pertanian yang telah ditanami tanaman hortikultura ini terus mendapat dukungan dan perhatian bersama dari semua pihak.

“Karena pengembangan pertanian ini bukan hanya di Dinas Pertanian saja, tetapi butuh kolaborasi, butuh bantuan dari bapak, ibu dan seluruh komponen terkait di lingkungan pemerintah maupun swasta,” tambahnya.

Yadi Ismail