Bakar Obor Serentak Bakal Meriahkan Malam Lailatul Qadar di Ternate

Avatar photo
Umat Muslim Bastiong Karance sambut malam Lailatul Qadar dengan bakar obor Ela Ela pada malam 27 Ramadan 1440 Hijriah. (Kieraha.com)

Pemerintah Kota Ternate akan menggelar lomba Festival Ela Ela atau bakar obor secara serentak di wilayah Pulau Ternate. Kegiatan ini dalam rangka menyambut malam Lailatul Qadar pada malam 27 Ramadan 1443 Hijriah.

Festival yang digelar Pemkot melalui Dinas Kebudayaan ini diikuti sebanyak 17 Kelurahan di kota setempat. Peserta dari Kelurahan ini diantaranya Kelurahan Sangaji, Sangaji Utara, Soa, Makassar Barat, Maliaro, Muhajirin, Bastiong Karance, Fitu, Jambula, Loto, Takome dan Kelurahan Kulaba.

BACA JUGA Kuota Haji Maluku Utara Tahun 2022 Berkurang

Kepala Dinas Kebudayaan Sarif H Sabatun menjelaskan, festival yang dilaksanakan dalam rangka menjaga nilai-nilai adat se atoran wilayah Ternate sebagai daerah Kesultanan.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate

“Pelaksanaan ini Insha Allah dibuka langsung oleh Pak Wali Kota di Masjid Kesultanan Ternate setelah salat Magrib,” tutur Sarif, Senin 25 April 2022.

Ia menambahkan, festival yang dihelat ini dengan tema Cahaya Ela Ela di antara Aroma Rempah Ternate Andalan. Pelaksanaannya berlangsung serentak dalam waktu satu malam. *

Akbar Amin