Bappelitbangda Ternate Resmi Gelar Forum PD dan Musrenbang RKPD 2024

Avatar photo
Kegiatan Forum PD dan Musrenbang 2024, di Ternate, Senin 20 Maret 2023. (Yadi Ismail)

Forum Perangkat Daerah untuk penyusunan RKPD Kota Ternate Tahun 2024 resmi dihelat, Senin 20 Maret 2023. Kegiatan Forum PD dan Musrenbang 2024 ini dilaksanakan di Royal Resto, Kelurahan Santiong, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Rizal Marsaoly, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah atau Bappelitbangda Kota Ternate menyampaikan, pelaksanaan Forum PD dan Musrenbang RKPD ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan RKPD sebelum perumusan rancangan akhir RKPD Kota Ternate 2024.

Kegiatan dengan tema Sinergi Program Prioritas RPJMD Ciptakan Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif dan Konservasi Sumber Daya Air, Wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan ini, lanjut Rizal, dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

BACA JUGA  Kejaksaan Temukan Bukti Dugaan Korupsi Usai Geledah Kantor BPBD dan BPKAD Ternate

“Hal ini berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, khususnya Pasal 94 yang mengamanatkan bahwa Bappelitbangda melaksanakan dan mengkoordinasi Musrenbang RKPD, yang dihadiri oleh pemangku kepentingan untuk menyepakati dan menyelaraskan rancangan RKPD Kota Ternate,” ucap Rizal.

Mantan Kadis Perkim Kota Ternate itu menyatakan, hasil dari kegiatan ini akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RKPD dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbang RKPD 2024.

BACA JUGA Yang Diharapkan Wali Kota dalam Forum PD RKPD 2024

“Karena tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun 2024 ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RKPD,” sebutnya.

BACA JUGA  Kejaksaan Temukan Bukti Dugaan Korupsi Usai Geledah Kantor BPBD dan BPKAD Ternate

Kegiatan yang dilaksanakan hingga Selasa 21 Maret ini menghadirkan para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kasubag Perencanaan OPD, serta pemangku kepentingan dan delegasi.

Yadi Ismail

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News