Dinas Kebudayaan Ternate Bantah Lakukan Pungli di Benteng Oranje

Avatar photo
Meriam peninggalan Belanda yang berada di dalam kawasan Benteng Oranje/kieraha.com

Dinas Kebudayaan Kota Ternate membantah adanya dugaan praktik pungli yang dilakukan terhadap sejumlah komunitas seni dan budaya yang menyelenggarakan event di kawasan cagar budaya Benteng Oranje, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah.

“Sepanjang pelaksanaan event di Benteng Oranje, Dinas Kebudayaan tidak pernah memungut biaya untuk pemakaian lokasi,” kata Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Ternate, Sukardi A Gani, kepada kieraha.com, Kamis 26 Oktober 2023.

Menurutnya, uang yang diberikan panitia event itu kaitannya dengan dana sukarela yang diserahkan langsung kepada petugas kebersihan.

“Jadi tidak pernah ada praktik seperti itu. Soal kebersihan di Benteng Oranje ini kan menjadi tanggung jawab kita bersama, baik dari Dinas Kebudayaan maupun Balai Perlindungan Cagar Budaya. Yang pada saat event itu kan jumlah sampah di sini bertambah, sehingga panitia memberikan uang secara sukarela kepada petugas kebersihan untuk melakukan pembersihan. Dan petugas ini berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate,” ucap Sukardi.

BACA JUGA  JCH Kloter 15 asal Ternate Tiba dengan Selamat di Jeddah

BACA JUGA Terkuak Praktik Pungli Atas Ruang Publik Kawasan Benteng Oranje Ternate

Ia menambahkan, Benteng Oranje merupakan kawasan cagar budaya yang perlu dijaga secara bersama oleh setiap pengunjung maupun komunitas yang memanfaatkan ruang publik di dalam area tersebut.

“Terutama soal kebersihan (dan keamanan) ini yang perlu dijaga,” sambungnya. *