Festival Kehati Maluku Utara Resmi Dihelat di Ternate

Avatar photo
Penyerahan cinderamata dari panitia penyelenggara kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P Mahli. (kieraha.com)

Festival Keanekaragaman Hayati atau Kehati Maluku Utara, resmi digelar pada Jumat malam, 6 Oktober 2023. Festival yang berlangsung hingga 8 Oktober ini dibuka oleh Wali Kota Ternate yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Rustam P Mahli.

Pembukaan festival yang dirangkai dengan pameran fotografi dan talkshow ini dipusatkan di kawasan Landmark, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Rustam P Mahli menyebutkan, festival ini terlaksana karena kerjasama Halmahera Wildlife Photography bersama Burung Indonesia, dan didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Ternate, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan East Asian Australian Flyaway Partnership.

“Pelaksanaan Festival Kehati sangat didukung oleh Pemerintah Kota Ternate. Hal ini karena Ternate juga memiliki hewan endemik dan dilindungi. Bahkan di beberapa tempat, seperti Batu Angus dan Danau Tolire juga terdapat kawanan burung yang bermigrasi dari Australia,” ucap Rustam.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

BACA JUGA Catat Waktu dan Tempat Festival Kehati Maluku Utara yang Wajib Dikunjungi

Ia berharap, kedepannya pelaksanaan festival ini dapat terus dilaksanakan di Kota Ternate.

“Apalagi untuk mengidentifikasi jenis burung apa saja yang masih ada di Pulau Ternate. Kami siap mendukung dalam rangka potensi keanekaragaman hayati ini dapat menjadi sebuah destinasi baru di Kota Ternate,” tambahnya. *

Julfandi Gani