Gelar yang Disematkan ke Presiden Jokowi dari Kesultanan Ternate

Avatar photo
Presiden Jokowi bersama Sultan Ternate Hidayatullah Syah di Kedaton Kesultanan Ternate, Kelurahan Soa, Kecamatan Ternate Utara, Rabu 28 September 2022. (kieraha.com)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Rabu 28 September 2022, pukul 07.00 Waktu Indonesia Timur.

Sepanjang jalan yang dilewati Presiden dan rombongannya ini disambut antusias masyarakat dan pelajar SD yang memegang bendara merah putih hingga tiba di kedaton kesultanan.

BACA JUGA Agenda Presiden Terima Gelar Adat hingga Serahkan BLT di Maluku Utara

Jokowi kemudian mengikuti Ritual Joko Kaha atau injak tanah pertama kali di Kedaton Kesultanan setempat. Ritual ini merupakan adat Moloku Kie Raha untuk menerima tamu agung.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Sultan Ternate Hidayatullah Syah. Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi dianugerahi gelar Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo (yang artinya Pangeran Bangsawan Keluarga) Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat.

BACA JUGA  Kejati Maluku Utara Didesak Periksa Rektor IAIN Ternate

Jou Kolano (Sultan) yang langsung memberikan gelar ini kepada Pak Presiden di kedaton. Pak Presiden juga didoakan untuk kesehatan dan keselamatan dalam memimpin Bangsa Indonesia,” ucap Fanyira (orang yang dituakan) di Kedaton Kesultanan Ternate, Rabu pagi.

Usai menerima gelar ini, Presiden melanjutkan rangkaian kegiatan di Pasar Higienis Bahari Berkesan, Kelurahan Gamalama dan Balai Latihan Kerja Ternate sebelum kembali ke Bandara Sultan Babullah untuk agenda kunker ke Halmahera Barat dan Tidore Kepulauan. *

Zaki Nino