Harga Barito di Ternate Belum Terpengaruh Kenaikan Harga BBM

Avatar photo
Pedagang barito di Gamalama Ternate. (Akbar Amin/kieraha.com)

Dampak kenaikan harga BBM untuk bahan pangan di Kota Ternate masih terpantau aman. Harga bahan pangan berupa bawang, rica dan tomat ini masih dijual dengan harga normal.

Hj Fatmawati, salah satu pedagang bawang, rica dan tomat atau barito menyatakan, harga bahan pangan tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga sebelumnya.

BACA JUGA Tarif Speedboat Ternate tujuan Sofifi Berubah Jadi Rp 55 Ribu

“Sejak kenaikan harga BBM sampai sekarang masih murah. Untuk bawang merah sebelumnya tembus Rp 100 ribu per kg itu turun menjadi Rp 60 ribu per kg. Untuk bawang putih masih tetap dengan harga yang sama Rp 50 ribu per kg,” ujarnya, kepada kieraha.com, Senin 5 September.

BACA JUGA  Kejaksaan Temukan Bukti Dugaan Korupsi Usai Geledah Kantor BPBD dan BPKAD Ternate

Ia menuturkan, harga serupa juga berlaku untuk rica nona (cabe rawit) yang dijual dengan harga Rp 100 ribu per kg, sekarang turun menjadi Rp 80 ribu per kg. Rica karibo (keriting) yang dijual dengan harga Rp 70 ribu per kg justru tambah turun hingga Rp 50 ribu per kg.

“Juga dengan harga tomat yang sebelumnya kami jual antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg, sekarang turun hingga menjadi sebesar Rp 15 ribu per kg,” lanjut Fatmawati.

Menurutnya, naik turun harga bahan pangan itu tergantung pasokan dari Manado.

“Kalau pengiriman lancar berarti harganya turun. Juga sebaliknya. Pengiriman itu dilakukan lewat Manado. Dan untuk tomat lokal biasanya dari Subaim dan Tidore,” katanya.

BACA JUGA  Kejaksaan Temukan Bukti Dugaan Korupsi Usai Geledah Kantor BPBD dan BPKAD Ternate

Akbar Amin