Imbauan Polda Maluku Utara untuk Pengunjuk Rasa 25 April 2022 di Ternate

Avatar photo
Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa. (Khaira Ir Djailani/Kieraha.com)

Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di Kota Ternate masih terus berlanjut, hingga kali keempat yang diagendakan berlangsung pada Senin 25 April 2022.

Aksi kali ini bakal disuarakan oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai Kampus maupun Organisasi Kepemudaan yang berbasis di kota setempat.

BACA JUGA Ribuan Personel TNI dan Polri Bakal Kawal Ketat Aksi Mahasiswa 25 April di Ternate

Menyikapi rencana aksi lanjutan ini, Polda maupun Polres jajaran melakukan pengamanan penuh untuk memastikan penyampaian pendapat di depan umum berjalan aman dan damai.

“Polda Maluku Utara mengimbau kepada adik-adik mahasiswa dan OKP agar mempedomani dan melaksanakan amanah UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum,” ucap Karo Ops Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa, Minggu 24 April 2022.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate

Ia menuturkan, amanah UU ini menjelaskan bahwa pelaksanaan unjuk rasa maupun demonstrasi dilarang keras dilakukan di lingkungan objek vital nasional.

“(Karenanya) Polres dengan Polda Malut akan melakukan penebalan personel dan Sarpras dukungan tugas personel untuk pengamanan (jalannya aksi ini),” jelasnya.

Sejumlah lokasi objek vital yang akan diperketat pengamannya ini, meliputi lingkungan PT Pertamina Jambula dan Bandara Sultan Babullah di Kelurahan Akehuda.

“Kami harap agar tidak anarkis, yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat,” lanjutnya.