KM Muli Anim Mengaku tak Buang Sampah di Laut Ternate

Avatar photo
Tangkapan layar sampah yang dibuang ke laut.

Kapten Kapal KM Caraka Jaya III Muli Anim mengaku tidak melakukan pencemaran laut yang diduga ada oknum ABK kapal barang buang sampah ke laut Ternate, Kamis, 15 Juli.

Hal tersebut disampaikan kepada KSOP Ternate saat dimintai keterangan perihal laporan warga yang menemukan adanya kejadian tersebut, pada saat kapal barang ini masih berlabuh di Perairan Belakang Mall Jatiland, Kecamatan Ternate Tengah, Kamis malam WIT.

“Mereka bilang tidak melakukan pembuangan sampah di laut, karena sebelumnya sudah buang sampah di Bitung,” ucap Miraza Polpeke, Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas II Ternate, kepada kieraha.com, melalui telepon, Sabtu 17 Juli 2021.

BACA JUGA  Klinik Terapi Akupuntur Kembali Dibuka di Ternate Utara

BACA JUGA Kapal Barang Kedapatan Buang Sampah di Laut Belakang Mall Jatiland Ternate

Miraza menyatakan, setelah dimintai keterangan mereka bersih keras tidak buang sampah di laut. Namun karena KSOP tidak ada bukti yang kuat sehingga dibuatlah surat pernyataan.

Surat peryataan tersebut atas nama Nahkoda Kapal KM Caraka Jaya III Muli Anim.

Miraza menyebutkan, apabila kemudian terbukti ada kapal barang yang buang sampah di laut maka ditindaklanjuti sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pelayaran.

Reza dan Maharani, warga Ternate yang menemukan adanya aktivitas pencemaran laut tersebut kembali menjelaskan, pada saat kejadian mereka sudah memberikan teguran ke pihak ABK.

BACA JUGA  Klinik Terapi Akupuntur Kembali Dibuka di Ternate Utara

Namun teguran yang disampaikan justru ditangkis pihak ABK kapal tersebut. Saat kejadian mereka mendapati ABK kapal membuang sampah ke laut Perairan Belakang Mall Jatiland.

BACA JUGA Mereka yang Terancam di Pulau Ternate

“Setelah kejadian itu, kami juga sudah sampaikan ke pihak KSOP untuk memanggil pihak kapal,” kata Reza, salah satu saksi, begitu dikonfirmasi kieraha.com, Sabtu siang.

Maharani, yang juga seorang pengacara senior yang hobi melaut di wilayah Perairan Pulau Ternate itu kesal. Mereka siap memberikan keterangan dan bukti perihal dugaan tersebut.

Sahrul Jabidi