Mahasiswa Minta Wali Kota Ternate Evaluasi Petugas Pasar

Avatar photo
Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial Maluku Utara saat menggelar aksi unjuk rasa di halaman depan Kantor Disperindag Kota Ternate, Selasa 3 Oktober 2023. (kieraha.com/Julfandi Gani)

Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial Maluku Utara, menggelar aksi unjuk rasa di halaman depan Kantor Disperindag Kota Ternate, Selasa 3 Oktober 2023.

Aksi masa dengan menghamburkan sayur, bawang, rica dan tomat busuk di halaman kantor setempat berkaitan dengan dugaan pungli dan intimidasi terhadap pedagang kaki lima.

Kordinator masa aksi, M Risal Aswad dalam kesempatan tersebut, meminta Wali Kota M Tauhid Soleman agar mengevaluasi petugas pasar yang terbukti melakukan pungli dan intimidasi.

Menanggapi aksi mahasiswa ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nursidah Dj Mahmud menjelaskan, soal oknum petugas yang terlibat dalam jual beli lapak di Pasar Gamalama sudah tidak lagi betugas di dinas setempat.

BACA JUGA  Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran di Bastiong Ternate

Soal laporan adanya oknum yang masih melakukan pungli ke pedagang, lanjut Nursidah, saat ini pihak Disperindag Ternate masih melakukan pengumpulan bukti.

“Kalau sudah punya bukti kuat, kami akan tindaklanjuti yang bersangkutan,” ujar dia.

Nursidah menambahkan, akan mengambil langkah tegas jika pihaknya sudah memiliki bukti kuat atas pungli maupun intimidasi yang dilakukan terhadap pedagang.

Julfandi Gani