SMK Negeri 4 Ternate Bakal Tingkatkan Kompetensi Guru Lewat Merdeka Belajar

Avatar photo
Gambar Ilustrasi - Akses jalan utama yang dilalui para siswa SMA Sederajat saat menuju ke sekolah di daratan Pulau Halmahera, hingga sekarang belum mendapat perhatian Pemprov Maluku Utara. (kieraha.com)

Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Negeri 4 Kota Ternate akan meningkatkan kompetensi guru melalui Kurikulum Merdeka Belajar pada tahun 2023 mendatang.

Kepala SMK Negeri 4 Kamaludin Ahmad menyatakan, tujuan dari peningkatan ini adalah untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi para guru.

BACA JUGA Ironi Bersekolah di Oba Selatan: Prestasi Gemilang meski Kerap Absen Akibat Jalan Berkubang

“Pada prinsipnya selaku kepala sekolah tetap berkomitmen melaksanakan merdeka belajar pada 2023 dengan model apapun akan siap dengan program tersebut. Untuk itu kita mempersiapkan sumber daya manusia yang ada. Maka dalam waktu dekat saya akan merencanakan membuat in House Training untuk menyambut tahun 2023,” ucapnya, kepada kieraha.com, di Ternate, Maluku Utara, Rabu 20 Oktober 2022.

Kamaludin menyebutkan, sebanyak 40 guru yang akan terlibat dalam pelatihan ini, serta menghadirkan narasumber dari berbagai pihak yang memahami tentang sekolah kejuruan.

“Saya berharap guru yang ada di SMK 4 ini ada penguatan-penguatan dari sisi kapabilitas dan kompetensi, karena yang bersangkutan adalah seorang guru pendidik bagi siswanya,” ujarnya.

Terkait dengan program ini, lanjut Kamaludin, dibutuhkan sosialisasi lebih lanjut untuk menyongsong program dari dinas pendidikan ke depan terkait pembelajaran guru.