Upaya Pemuda Dufa-Dufa di Ternate Menerangi Kampung

Avatar photo
Festival Si Rame Gam di Kelurahan Dufa-Dufa, Ternate Utara, Kamis malam, 29 September 2022. (Akbar Amin/kieraha.com)

Panitia Pelaksana Festival Si Rame Gam atau Meramaikan Kampung menggelar pawai obor, di Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara pada Kamis, 29 September 2022.

Rifan Sarjudin, Ketua Panitia, mengatakan bahwa kegiatan bertajuk Pancona Silobe Gam atau menerangi kampung yang merupakan hasil kolaborasi antara pemuda Dufa-Dufa bersama Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM, dan Sanggar Marimoi IAIN Ternate ini, mengambil rute dari Masjid Heku menuju Kampus IAIN Ternate, Pasar Dufa-Dufa dan berakhir di tempat acara.

BACA JUGA Cara Karamat Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Muda Dufa-Dufa Ternate

BACA JUGA  Tim Seleksi Paskibraka 2024 di Ternate Siap Umumkan 65 Peserta yang Lulus

Rifan bilang, festival yang berlangsung sejak 26 September – 1 Oktober 2022 ini merupakan wahana bagi generasi muda untuk menuangkan kreativitas yang berkaitan dengan seni dan budaya. Selain itu, katanya, kegiatan ini juga untuk merangsang pendapatan masyarakat di sekitar Taman Tulang Ikan Dufa-Dufa.

“Festival Si Rame Gam ini bisa menjadi kegiatan tahunan untuk menyemangati anak muda dan berkarya di dalam seni budaya,” ujarnya.

Ketua Komunitas Anak Muda Rivaldi Yuda mengatakan, harapan yang sama untuk menjadikan festival ini sebagai even tahunan, karena menjadi bagian untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan juga berdampak terhadap pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.

Rivaldi menyatakan, kegiatan yang membawa visi pengembangan budaya literasi dan kreativitas anak muda ini merupakan terobosan untuk merespon krisis nilai-nilai kearifan lokal yang dialami pemuda saat ini.

BACA JUGA  Tim Seleksi Paskibraka 2024 di Ternate Siap Umumkan 65 Peserta yang Lulus

“Bagi kami itu karena memang langkah awal, namun harapan kami kedepan agar pemerintah Kota Ternate maupun Kelurahan bisa menjadikan ini sebagai sorotan awal untuk pemuda bergerak pada tahun-tahun mendatang, dan kami akan berupaya mendorong hal ini,” tambahnya.