Tidore  

926 Pelaku UMKM di Tidore Terima Bantuan

Avatar photo
Tidore, Pelaku UMKM, Ekonomi Kreatif, ekonomi
Wali Kota dan Wakil Walikota Tidore saat menyerahkan sarana usaha, di Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Rabu, 30 Agustus 2023. (dok. Humas)

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyerahkan bantuan sarana usaha kepada pelaku usaha mikro, di Aula Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu, 30 Agustus 2023.

Pemberian secara simbolis itu diserahkan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, bersama Wakil Wali Kota Muhammad Sinen, dan Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo, kepada 926 pelaku usaha yang tersebar di delapan kecamatan.

BACA JUGA Rakor Pemkot Tidore dan OJK Demi Tingkatkan Akses Keuangan UMKM

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Saiful Bahri Latif dalam laporannya menjelaskan, penyaluran bantuan itu bersumber dari anggaran tahun 2023 dengan total sebanyak Rp.3,9 Milyar. Anggaran tersebut, katanya, berasal dari Dana Insentif Daerah atau DID Rp.2,6 miliar dan Dana Alokasi Umum Rp.1,3 miliar.

BACA JUGA  Daftar Terbaru Harga Bapok di Tidore

Ia menyebutkan, sebanyak 14 jenis bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha ini.

“Diantaranya alat pertukangan, timbangan duduk kapasitas 20 kg, keranjang industri, tenda kerucut, mesin roti, oven bakar, cool box 660 liter, booth container, payung tenda, mesin pencacah singkong, mesin perajang serba guna, mesin parut kelapa, meja display dan alat perbengkelan,” ujar Saiful.

Dalam kesempatan tersebut, Ali menyatakan, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi dan sumber daya manusia.

Ia mengatakan, pelaku usaha yang bergerak di segala bidang seperti perdagangan, pertanian, perikanan, dan industri rumahan merupakan salah satu kekuatan penggerak ekonomi.

Ali menjelaskan, sarana usaha yang diberikan Pemkot ini supaya dapat dijaga, dan dipergunakan untuk jangka panjang, dan sangat dilarang memindahtangankan, apalagi menjualnya kepada pihak lain.

BACA JUGA  Cara GOW Tidore Rayakan Hari Anak Nasional

“Dengan bantuan sarana usaha yang dibagikan Pemerintah Daerah ini, agar Pelaku UMKM dapat meningkatkan motivasi kerja dan bermanfaat buat masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen. Katanya, penerima bantuan yang tersebar di delapan kecamatan ini merupakan wujud kerja Dinas Perindagkop dan UKM, untuk mendata di semua wilayah Kota Tidore Kepulauan.

“Kerja-kerja seperti ini yang diharapkan saya dan pak Wali Kota supaya masyarakat Kota Tidore Kepulauan ini, dari Maitara sampai Jiko Cobo, Kaiyasa sampai Nuku, bisa merasa pelayanan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di bawah kepemimpinan Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen,” katanya.

BACA JUGA Pelaku UMKM Kota Tidore Tumbuh Subur

BACA JUGA  Daftar Terbaru Harga Bapok di Tidore

Sinen menambahkan, atas kerja keras dinas tersebut, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih, serta dapat upaya itu dapat dipertahankan kedepannya.

“Diharapkan agar kedepan dilakukan verifikasi data sehingga para penerima tepat sasaran di setiap tahun,” tambahnya.*