Tidore  

Atraksi Sispam Kota Meriahkan Hari Bhayangkara ke 78 di Tidore

Avatar photo
Atraksi Sispam Kota meriahkan Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024, di halaman Kantor Walikota Tidore, Senin 1 Juli 2024/dok humas/kieraha.com

Polresta Tidore menggelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Tahun 2024, di halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Senin 1 Juli 2024. Sejumlah atraksi mulai dari yel-yel, tarian soya-soya hingga Simulasi Sistem Pengamanan Kota mewarnai upacara hari Bhayangkara ke 78 ini.

Atraksi yang digelar pun sukses menarik perhatian tamu undangan, terlebih lagi Simulasi Pengamanan atau Sispam Kota yang diperagakan oleh gabungan anggota Polresta Tidore di bawah Koordinator Kabag OPS Kompol Muhammad Jufri Dukomalamo.

“Dalam simulasi ini, kami asumsikan bakal terjadi aksi demonstrasi dari salah satu pendukung Paslon Wali Kota dan Wakil Walikota Tidore yang menolak hasil perhitungan suara di TPS 01 dan TPS 02 Desa X pada Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara KPU Kota Tidore Kepulauan,” tutur Jufri.

Ia menyebutkan, tindakan kepolisian dalam rangka mengamankan aksi demonstrasi ini dilakukan sesuai Peraturan Kapolri Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengendalian Massa.

“Alur simulasi dimulai dari informasi akan adanya demonstrasi yang diterima oleh Kasat Intelkam, kemudian melaporkan ke Kabag OPS terkait pergerakan massa, lalu memerintahkan Kasat Lantas untuk melakukan pengawalan massa agar situasi Kamseltibcarlantas tetap kondusif. Kemudian massa aksi tiba di depan Kantor KPU melakukan aksi demonstrasi dan diamankan oleh Gabungan Anggota Polresta Tidore, mulai dari Pleton Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Tim Apar, Tim Rantis, Tim Medis, Tim Gakum, hingga Tim Pengurai Massa,” lanjut Jufri.

Ia menambahkan, dalam Simulasi Sispam Kota ini, masing-masing tim melakukan tugasnya sesuai arahan dan kondisi yang terjadi di lapangan.

“Saat demonstrasi dengan situasi mencekam, upaya pengendalian massa yang dilakukan oleh Kepolisian juga termasuk memberikan pertolongan kepada korban yang terkena dampak,” sambungnya. *