Tidore  

Makna Karnaval Budaya Jiko Akelamo di Oba Tengah

Avatar photo
Karnaval Budaya Tidore
Staf Ahli Walikota Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Marjan Djumati melepas peserta Karnaval Budaya, di Kelurahan Akelamo, Kecamatan Oba Tengah pada Senin, 8 Januari 2024. (doc. humas)

Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kota Tidore kepulauan Marjan Djumati melepaskan secara resmi peserta Karnaval Pesona Budaya Jiko Akelamo, di Kelurahan Akelamo, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan pada Senin, 8 Agustus 2023.

Kehadiran Marjan dalam karnaval untuk memeriahkan Hari Jadi Akelamo ke-16 ini, dalam rangka mewakili Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Rahmawati Muhammad Sinen, Forkopimcam Kecamatan Oba Tengah, Tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para siswa SMP dan SD di kecamatan Oba Tengah.

BACA JUGA  Stok dan Harga Bahan Pokok di Tidore Stabil Jelang Idul Adha

Marjan menyatakan, selain sebagai bagian perayaan hari jadi kelurahan setempat, kegiatan ini juga merupakan ajang promosi kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah.

Fungsinya, lanjut Marjan, untuk mempererat rasa kebersamaan sehingga terciptanya rasa aman dan sejahtera, bagi masyarakat di wilayah tersebut.

“Sehubungan dengan itu, melalui Karnaval Budaya, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai roh dari perilaku kehidupan, kapan dan dimanapun kita berada,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa menggembirakan masyarakat, terpupuknya rasa kekeluargaan, serta para warga dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama.

Muzakkir Ishak, Kepala Kelurahan Akelamo mengatakan bahwa karnaval itu merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 6 Januari 2024 lalu.

BACA JUGA  TPID Tidore Sukses Raih Nominasi Top 3 Pengendali Inflasi

BACA JUGA Tidore Ekspor Puluhan Ton Cengkih ke Spanyol 502 Tahun Lalu

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mengangkat sejarah Kelurahan Akelamo. Sejarah pantai Jiko Akelamo yang pada masa revolusi Tidore tahun 1797 adalah titik kumpulnya pasukan perang Sultan Nuku,” katanya.

Dia menambahkan, rangkaian acara ini akan dilanjutkan dengan sunatan massal, senam sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis. Serta, puncaknya pada 10 Januari 2024 mendatang.*