Tidore  

Lomba Olimpiade dan Festival Seni Siswa Nasional Tingkat SD di Tidore Resmi Dihelat

Avatar photo

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen dengan resmi membuka Lomba Olimpiade Olahraga dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar, di Aula Handayani Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore, Jumat 12 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 12 hingga 14 Mei ini diikuti oleh 159 siswa. Jumlah ini terdiri dari 96 siswa untuk cabang lomba FLS2N dan 63 siswa untuk cabang lomba O2SN.

Wawali Kota Muhammad Sinen menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan kontribusi positif pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan sampai ke tingkat nasional, sehingga dapat mewadahi talenta-talenta peserta didik, baik dibidang olahraga maupun seni.

BACA JUGA  Ketua Pokja dan Bunda PAUD Kunjungi Siswa Baru di Kecamatan Tidore

“Melalui pelaksanaan lomba ini kita diajari oleh peserta didik untuk dapat berkompetisi secara sehat, mampu menggali segala potensi diri sejak dini, mengajarkan kita untuk saling belajar, bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan menghargai kekuatan lawan, serta mengilhami nilai-nilai fairplay yakni sikap jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab,” tuturnya.

Wawali Kota Tidore dua periode ini megapresiasi Dinas Pendidikan Kota setempat, yang telah membantu mewujudkan program Tidore Kota Santri dengan mengikutkan lomba bidang keagamaan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan yang ikut membantu mewujudkan program pemerintah daerah di bidang keagamaan dengan jargon Kota Santri, yang pada tahun ini mengikutsertakan lomba Adzan, Hifdzil Quran dan Tartil Quran oleh anak-anak didik dari satuan pendidikan sekolah dasar,” lanjutnya.

BACA JUGA  OJK Berencana Bangun Kantor Perwakilan di Maluku Utara

Ia menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada bapak ibu guru dan semua elemen Pendidikan kota setempat, yang dengan sebar, ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab mendidik dan mendampingi anak-anak peserta didik tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Zainuddin Umasangaji dalam laporannya menyebutkan, upaya peningkatan mutu Pendidikan di Kota Tidore melalui penyelenggaraan lomba ini telah dimulai dari tingkat Sekolah, Kecamatan hingga tingkat Kota.

“Insha Allah bisa meraih hasil maksimal untuk melanjutkan ke tingkat Nasional. Selain itu Dinas Pendidikan juga berkomitmen untuk mensuport kebijakan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kota Santri, melalui lomba di bidang keagamaan,” lanjutnya.

Zainuddin menambahkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terciptanya prestasi dan akademik siswa sekolah dasar, dan tersalurnya minat bakat, serta kreativitas siswa di bidang olahraga dan seni.

BACA JUGA  Hasil Survei Kembali Buktikan MASI AMAN Menang Pilkada 2024 di Tidore

“Kegiatan ini akan dilangsungkan di beberapa tempat, diantaranya pendopo arena budaya open space, Aula Kantor Camat Tidore, Aula SMK dan SMA Negeri 1 Tidore, serta di lapangan depan SMP Negeri 1 Tidore dan Pantai Tugulufa,” sambungnya. *