Tidore  

OSIS SMA Negeri 1 Tidore Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Avatar photo
Foto bersama usai pembukaan LDKS di Aula SMAN 1 Tidore Kepulauan, Rabu 23 Agustus 2023. (dok. Humas)

Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Tidore Kepulauan Yakub Husain membuka dengan resmi Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, di Aula SMA Negeri 1 Kota Tidore, Rabu 23 Agustus 2023.

Berdasarkan rilis yang diterima kieraha.com menyebutkan, kegiatan LDKS ini menghadirkan, Abdullah Ismail, Herman Oesman, dan Sahril Adam sebagai narasumber.

Yakub dalam sambutannya mengatakan, sebagai upaya menanamkan jiwa kepemimpinan siswa sejak dini dan berkarakter kepemimpinan, maka kegiatan LDKS seperti ini menjadi sangat penting untuk diselenggarakan.

Karena, katanya, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda tepatnya para siswa SMA.

BACA JUGA  TPID Tidore Sukses Raih Nominasi Top 3 Pengendali Inflasi

“Kami atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh OSIS SMA Negeri 1 Kota Tidore, karena telah ikut membantu Pemerintah Daerah dalam membangun karakter generasi muda Tidore,” tuturnya.

Dia menyebutkan, generasi muda merupakan potensi bangsa, karena kemajuannya terletak di pundak mereka. Maka, katanya, pemuda harus dibekali pemikiran dan keahlian yang positif.

Dengan begitu, menurutnya, dapat memberikan masukan dan energi yang positif bagi sekolah, baik siswa maupun Pengurus OSIS lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini juga siswa dapat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh, para siswa harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan perkembangan dunia, karena sejarah bangsa ini akan ditentukan oleh pemudanya, yakni kalian para siswa,” ujar Yakub.

BACA JUGA  Dharma Wanita Tidore Dikunjungi Tim Monev DWP Provinsi Malut

Ia menambahkan, siswa yang cerdas harus berkepemimpinan, untuk menyiapkan menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Katanya, hal itu dapat diperoleh dengan sikap disiplin di segala bidang, tangguh secara fisik dan mental.

“Sehingga diharapkan melalui kegiatan LDKS ini, para siswa mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, sekaligus sikap hormat-menghormati, toleransi, adab dan sopan santun,” kata Yakub, saat mewakili Wakil Walikota Tidore.

Sementara, Ketua panitia Maulana Rifai dalam laporannya mengatakan, LDKS merupakan salah satu kegiatan tahunan sekolah dengan tujuan untuk membina siswa-siswi SMAN 1 Tidore dalam berorganisasi, melatih dalam memimpin serta mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi dan berpikir siswa.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dari berbagai organisasi yang diambil dari kelas X,XI dan kls XII berjumlah 100 siswa, dengan tema menumbuhkembang jiwa pemimpin yang berdedikasi tinggi, bertanggung jawab dan siap bekerja untuk kemajuan sekolah,” tambahnya.*

BACA JUGA  Pemkot Tidore Mulai Garap RPJPD dan RDTR