Tidore  

Peluncuran Kampung Moderasi Beragama di Tidore

Avatar photo
Tidore
Wali Kota Tidore melaunching Kampung Moderasi Beragama yang ditandai dengan pemukulan Tifa. (doc. Humas)

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim melauncing Kampung Moderasi Beragama, di Aula Ikhlas Beramal Kantor Kementerian Agama Tidore, Maluku Utara, Selasa 10 Oktober 2023.

Dalam laporannya, Kepala Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan menyatakan, Kampung Moderasi Beragama yang dilauncing Wali Kota Tidore ini meliput Kecamatan Tidore, Tidore Utara, Tidore Timur dan Tingkat Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolresta Tidore Yury Nurhidayat, Dandim 1505/Tidore Calter Purba, Ketua MUI Tidore H Saleh Yasin, Kepala BRI Cabang Tidore dan sejumlah pejabat Forkompimda lainnya. Yang sekaligus dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MOU tahun 2023.

BACA JUGA  7 Kadis dan 10 Kontraktor Diperiksa Soal Kasus Suap dan TPPU AGK

Sementara itu, dalam sambutannya Ali mengatakan, moderasi beragama ini diharapkan dapat menanamkan sikap kerukunan dan toleransi kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

“Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mendukung kegiatan Moderasi Beragama, yang merupakan program Kementerian Agama sebagai upaya menciptakan harmoni sosial ditengah kemajemukan masyarakat Indonesia,” ujar Ali.

BACA JUGA Ajakan Wali Kota Tidore untuk Hadirin Rasaikota

Ia melanjutkan, pemerintah telah lama menggaungkan hal ini, karena masyarakat di kota setempat memiliki pemeluk agama yang berbeda, dengan mayoritas Islam kemudian disusul Agama Kristen dan Katolik, yang sebagian besar berada di daratan Oba.

“Pemerintah Daerah meyakini bahwa kesejahteraan masyarakat Kota Tidore Kepulauan mencakup keseluruhan masyarakat tanpa ada perbedaan suku, agama dan ras, Hal ini juga harus kita terapkan bersama-sama melalui keberadaan para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan,” tambahnya.*

BACA JUGA  Daftar Pejabat yang Dikembalikan ke Posisi Semula oleh Pj Gubernur Malut