Tidore  

Pemkot Tidore Terima Naskah Akademik Revitalisasi Bahasa Daerah

Avatar photo
Bahasa Tidore
Serah terima Berita Acara naskah kebijakan PTUPT, di Ruang Rapat Wali Kota Tidore, Rabu, 30 Agustus 2023. (dok. Humas)

Tim Peneliti Bahasa Tidore dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia menyerahkan naskah akademik Terapan Unggulan Perguruan Tinggi atau PTUPT kepada Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, di Ruang Rapat Wali Kota, Rabu 30 Agustus 2023.

Hasil penelitian selama tiga tahun tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Riset dan Pengembangan UI Munawar Khalil kepada Wali Kota, yang disaksikan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, serta Ketua Tim Peneliti FIB UI Dr Filia.

Dalam sambutannya, Ali mengatakan, hadirnya naskah akademik ini diharapkan menjadi sumbangan pikiran bagi kekayaan budaya Tidore.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Rakor Pencegahan Korupsi Bersama KPK

Ali menyatakan, hal ini sebagai upaya bersama untuk melestarikan pengetahuan tentang bahasa daerah bagi generasi penerus.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Penyusun naskah akademik yang telah bekerja keras melakukan riset selama tiga tahun,” tutur Ali.

Ia menjelaskan, riset ini dapat dijadikan pemerintah dalam menyusun strategi kebijakan, sekaligus untuk melindungi dan mengembangkan Bahasa Tidore. Katanya, hal ini sekaligus menjadi momentum untuk bergerak.

“Oleh karena itu, kepada instansi teknis terkait, agar dapat memanfaatkan Naskah Akademik ini untuk kita kembangkan dan rumuskan dalam sebuah rancangan peraturan daerah, serta dapat kita terapkan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Sementara menurut Munawar, salah satu prioritas dari tim peneliti adalah melakukan saintifikasi budaya dan bahasa di Indonesia.

BACA JUGA  Rangkaian Kegiatan HUT RI di Tidore Dimulai 1 Agustus

“Jadi memang penelitian-penelitian yang dilakukan salah satunya oleh tim kami yang dipimpin oleh Ibu Doktor Filia dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yaitu mencoba meneliti dan merevitalisasi budaya dan bahasa yang ada di seluruh Indonesia,” kata Munawar.

BACA JUGA Pemkot Tidore Dorong Penggunaan Bahasa Daerah Masuk Kurikulum Mulok

Ia menjelaskan, yang dilakukan tim peneliti di Kota Tidore Kepulauan ini akan sangat berdampak.

Selain itu, tambah Munawar, penelitian ini juga sekaligus implementasi peran akademisi pada umumnya, dan khususnya sebagai mitra pemerintah pusat dan daerah.*