Tidore  

Pesan Menpora saat Upacara Sumpah Pemuda di Tidore

Avatar photo
Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Tidore
Pembaca Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 oleh Gabungan Organisasi Paguyuban, di halaman Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Sabtu 28 Oktober 2023. (doc. Humas)

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 tahun, di halaman Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu 28 Oktober 2023.

Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo ini berlangsung khidmat, dan dihadiri Forkompimda, pimpinan OPD, instansi vertikal, BUMN serta segenap pimpinan Organisasi Kepemudaan atau OKP, di kota setempat.

Selaku inspektur upacara, Ismail juga menyampaikan, amanat Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang mengatakan bahwa peringatan HSP ke-95 ini mengusung tema Bersama Majukan Indonesia.

Sebagaimana, lanjutnya, dalam logo HSP yang bermakna keanekaragaman suku, bahasa dan budaya tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

BACA JUGA  Cara GOW Tidore Rayakan Hari Anak Nasional

“Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” tuturnya.

Ia menyebutkan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, serta Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor, Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan, agar koordinasi lintas sektor berjalan efektif, menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda atau IPP.

“Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen-elemen lain. Jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” tambahnya.*

BACA JUGA  Daftar Terbaru Harga Bapok di Tidore