Tidore  

Rakor Pemkot Tidore dan OJK Demi Tingkatkan Akses Keuangan UMKM

Avatar photo
Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim Memberikan Sambutan Resmi Rapat Koordinasi program Kerja TPKAD Kota Tidore kepulauan Di Ruang Rapat Walikota. Kamis 27 Juli 2023. (dok Humas)

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, di Ruang Rapat Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Kamis 27 Juli 2023.

Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim memimpin rapat ini, dan didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain. Dihadiri pula, Wakil Kepala OJK Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Yan Iswara Rosya, bersama rombongan. Serta, direktur Bank swasta dan BUMN se Kota Tidore Kepulauan.

Ali mengatakan, rapat koordinasi ini untuk mendorong ketersediaan akses keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat, serta menjadi terobosan baru guna mendukung perekonomian daerah.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar FGD Tentang RPJMD 2025-2029

“Diharapkan melalui Rapat Koordinasi ini dapat mendorong kelompok usaha kecil mempunyai akses yang seluas-luasnya, khususnya kelompok usaha unggulan di bidang pertanian, perikanan, pariwisata dan lainnya, agar dapat mengembangkan usahanya, kami mengharapkan kepada kelompok perbankan dan lembaga jasa keuangan agar dapat melakukan sosialisasi seluas-luasnya terhadap produk-produk Kredit Usaha Kecil atau KUR serta Keringanan Jaminan Usaha,” tuturnya.

Ia menyebutkan, melalui Rakor ini diharapkan TPAKD dapat memperkuat basis data kelompok usaha kecil di setiap unitnya.

“Semoga tujuan rapat koordinasi ini dapat menghasilkan kesepakatan dalam bentuk rencana kerja TPAKD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 yang lebih maksimal,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Yan Iswara Rosya menyatakan, apresiasinya kepada Pemkot Tidore dalam melaksanakan percepatan akses keuangan daerah.

BACA JUGA  Sekda Tidore Pimpin Pertemuan dengan Seluruh Peserta PIM II dan III

Menurutnya, TPAKD berfungsi untuk mendorong akses literasi dan inklusi keuangan, sehingga meningkatkan akses kepada masyarakat.

“Akses keuangan inklusi dan literasi bisa mengakselerasi teman-teman UMKM yang ada di Kota Tidore Kepulauan, untuk bisa melakukan bisnis matching, dengan adanya TPAKD ini program kerja yang diimplementasikan juga dapat meningkatkan UMKM yang ada di Kota Tidore Kepulauan,” tambahnya.*