Tidore  

Ratusan Nelayan di Tidore Ikut Kegiatan CSR Pasca Sail

Avatar photo
Penyerahan Buku Sail Tidore 2022, Mockup Motor Angkut Sampah dan Kontainer Sampah kepada Wali Kota Tidore Capt H Ali Ibrahim dalam kegiatan CSR Pasca Sail Tidore, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kelurahan Tomagoba, Tidore, Senin 3 April 2023. (Dok humas/kieraha.com)

Sebanyak 100 orang nelayan asal Tidore Kepulauan menghadiri kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR Pasca Sail Tidore 2022, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Senin 3 April 2023.

Kegiatan CSR Pasca Sail ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dan kontribusi nilai tambah dalam rangka peningkatan kesejahteraan nelayan di Kota setempat.

Selaku Event Organizer Sail Tidore 2022, Direktur PT Samuan Rumah Kreasi, Bambang Edi Haryanto menyampaikan, pembiayaan Sail Tidore berasal dari sponsor perusahaan swasta, nasional, dan BUMN. Menurutnya, jumlah sponsor ini mencapai 18 perusahaan dengan nilai yang diberikan bervariasi melalui PT Samuan Rumah Kreasi.

BACA JUGA  Kapten Ali Ajak Warga Tidore Menangkan Paslon Masi Aman

“Para sponsor menyumbangkan dananya kepada pihak EO (PT Samuan Rumah Kreasi). Kemudian memberikan benefit berupa pemasangan logo perusahaan pada berbagai sarana promosi seperti banner, spanduk, billboard, video, koran dan ainnya,” kata Bambang.

Bambang mengatakan variasi benefit yang diterima sponsor didasarkan atas nilai sponsor yang diberikan.

“Alhamdulillah dana yang terkumpul telah digunakan untuk membiayai acara Puncak Sail Tidore masih tersisa, sehingga berdasarkan kerangka acuan kerja yang telah disusun, sistem dana tersebut digunakan untuk program CSR Pasca Sail Tidore 2022,” kata Bambang.

Ia menambahkan, pembayaran dana sponsor dari 18 perusahaan itu tidak dalam waktu bersamaan. Ada yang diterima pada akhir November dan Desember 2022, serta Januari dan akhir Februari 2023.

BACA JUGA  Stok dan Harga Bahan Pokok di Tidore Stabil Jelang Idul Adha

“Sehingga pada bulan Maret 2023 baru kami dapat melaporkan dana yang terkumpul dan sisa dana yang ada kita gunakan untuk acara CSR pada April 2023 ini. Proses pembuatan proposal CSR juga dilakukan setelah mendapat masukan dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang kami peroleh informasinya dari Dirjen Bangda Kemendagri,” ucap Bambang.

Program CSR ini diantaranya memberikan fasilitas kebersihan berupa kontainer sampah di Pelataran Pantai Wisata Tugulufa sebagai lokasi Sail Tidore 2022 dan 1 unit sepeda motor pengangkut sampah.

BACA JUGA Kadispar Malut Angkat Bicara Soal Bantuan Meja dan Kursi di Tugulufa Tidore

Wali Kota Tidore Capt H Ali Ibrahim menyampaikan, kegiatan Sail Tidore 2022 telah mengangkat nama daerah Tidore di kancah nasional. Atas keberhasilan tersebut, Ali menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu.

BACA JUGA  Kapten Ali Ajak Warga Tidore Menangkan Paslon Masi Aman

“Termasuk jajaran Kementerian yang telah berusaha dengan maksimal, juga Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun para UMKM yang telah ikut berkontribusi, dan kepada seluruh warga masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” sambung Ali. *

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News