Tidore  

Sail Tidore Dipastikan Berlangsung pada Bulan November 2022

Avatar photo
Tugu peringatan pelayaran Juan Sebastian de Elcano lima abad mengelilingi dunia yang dipasang oleh Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia dan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol, di Pantai Tugulufa Tidore saat Ekspedisi 500 Tahun Magelland dan Elcano tanggal 27 Maret 2021. (Hairil Hiar)

Launching Sail Tidore 2022 yang dijadwalkan pada 4 Oktober 2022 batal dilaksanakan. Pembatalan ini karenapada 4 Oktober terdapat rapat menteri terkait KTT G20 di Bali.

Launching Sail Tidore ini kembali diundur ke tanggal 11 Oktober 2022. Launching ini akan dilakukan di Ruang Auditorium Kemendag RI, pukul 44.00 Waktu Indonesia Barat.

BACA JUGA Panitia Lokal Rapat Persiapan Launching Sail Tidore 2022

Sekda Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo menyebutkan, kesepakatan waktu launching sail pada tanggal 11 Oktober ini sesuai hasil Rakor antara Kemendag, Pemprov dan Pemkot Tidore, melalui zoom meeting di Aula Kantor Walikota Tidore, Jumat kemarin.

Ismail menyebutkan, penentuan waktu Launching Sail Tidore ini tidak bisa ditunda lagi karena yang terpenting adalah waktunya Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Zikir dan Doa Bersama Sambut Tahun Baru Islam

“Dalam rapat ini sekaligus membahas rundown acara Launching Sail Tidore 2022. Acara launching yang dibalut dengan tajuk Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa ini, akan diawali dengan Tarian Ritual Salai dan Soya-Soya, kemudian laporan gubernur selaku panitia daerah, sambutan Menteri Perdagangan sekaligus laporan ketua panitia nasional, arahan Menko Marves dan launching yang ditandai dengan pemukulan tifa (alat musik tradisional Moloku Kieraha,” tambahnya. *