Tidore  

Sejumlah Desa di Daratan Oba Tidore Dilanda Banjir

Avatar photo
Gelombang tinggi di pesisir Oba Tengah, Sabtu 8 April 2023. (kieraha.com)

Wilayah Provinsi Maluku Utara dalam sepekan terakhir dilanda cuaca ekstrem. Hujan deras disertai angin kencang ini mengakibatkan sejumlah desa di Kota Tidore Kepulauan dilanda banjir. Bencana banjir tersebut diantaranya terjadi di Desa Siokona dan Kelurahan Akelamo.

Di Kelurahan Akelamo, terdapat sebanyak lima unit rumah warga yang berada di pesisir pantai diterjang gelombang pantai atau rob yang masuk hingga ke rumah-rumah mereka.

“Bahkan, air sampai naik ke ruas jalan raya,” ujar Kepala Kecamatan Oba Tengah, Junaidi Fabanyo, ketika dikonfirmasi, melalui telepon, Minggu 9 April 2023.

Junaidi mengemukakan, cuaca buruk yang melanda wilayah setempat terjadi sebanyak dua kali. Pada Rabu 5 April kemarin dan Sabtu 8 April 2023.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

“Sementata di Desa Siokona, gelombang tinggi menghantam talud penahan ombak hingga ambruk,” lanjut dia.

Dengan begitu, kata Junaidi, selaku Pemerintah Kecamatan sangat berharap Pemerintah Kota Tidore dan DPRD setempat agar segera mengambil langkah mengantisipasi kejadian tersebut. Karena kejadian seperti ini bukan kali pertama, tetapi sudah berulang kali.

BACA JUGA Rumah Warga di Pesisir Tauro Halmahera Barat Rusak Berat Dihantam Rob

“Kalau bisa Pemerintah Kota cepat mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan pembangunan talud, karena warga di pesisir pantai sangat terancam,” jelasnya.

Selain di Akelamo dan Siokona, Tului, Bale, Talagamori dan Desa Koli juga terdampak banjir. Di Tului sekitar 55 rumah, Talagamori 7 rumah, Bale 37 rumah dan Desa Koli 15 rumah. *

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran