oleh

Menanti Persiter Usia 17 Mengulangi Sejarah 1978

Persiter Ternate Usia 17 berhasil lolos ke babak semifinal kompetisi Pertamina Piala Soeratin 2017, setelah mengalahkan tim Tiga Naga dari Riau dengan skor 3-2 di stadion Gemilang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (23/10/2017) sore, pukul 15.30 waktu setempat.

Tim berjuluk Laskar Kieraha yang mewakili Provinsi Maluku Utara ini mampu mencuri gol saat pertandingan baru memasuki menit 17, melalui kaki Fahmi Ishak.

Namun pada menit 39, PS Tiga Naga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, melalui tendangan jarak jauh. Kedudukan 1-1 menutup laga babak pertama.

Kedua tim kemudian bermain hati-hati sepanjang babak kedua. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan waktu normal, kedudukan sama kuat 1-1, sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2×15 menit.

Pada 15 menit pertama perpanjangan waktu, Laskar Kieraha berhasil mencetak gol melalui tendangan jarak jauh M Sebastian Veron Rasyid. Namun gol ini harus dibayar mahal akibat diusirnya sang pemain karena melakukan selebrasi membuka baju.

Bermain 10 pemain, Persiter masih bisa menambah gol lewat kaki Fahreza Sudin. PS Tiga Naga sempat memperkecil kedudukan pada 2 menit jelang pertandingan usai. Skor 3-2 Persiter menang atas PS Tiga Naga.

Sujud Syukur

Saat wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, seluruh pemain, pelatih dan official, bahkan sejumlah penonton yang menyaksikan laga tersebut langsung bersujud syukur. Tidak sedikit pemain Persiter yang meneteskan air mata karena bangga bisa memenangkan laga tersebut.

BACA JUGA

Persiter Usia 17 Masuk 16 Besar Piala Soeratin di Magelang

Pemkot Ternate Sukses Bangun Pemuda

Pelatih Persiter U17 Rahmat Rivai usai pertandingan, langsung memberikan apresiasi terhadap Persiter remaja ini.

Poci sapaan akrab Rahmat, mengatakan anak asuhnya mampu menjalankan instruksi pelatih dengan baik, sehingga Laskar Kieraha mampu meraih hasil maksimal dalam pertandingan itu.

Poci berharap anak asuhnya mampu mempertahankan performa, sehingga tim kebanggaan masyarakat Maluku Utara ini bisa mengulang sejarah 1978, di mana saat itu Persiter menjuarai Piala Soeratin.

“Tentu kami butuh dukungan dan doa restu seluruh masyarakat Maluku Utara untuk terus melaju hingga partai puncak,” kata Poci.

Kemenangan tim kebanggaan Maluku Utara ini membawa Laskar Kieraha melenggang kebabak semifinal.

Persiter terakhir bermain di babak semifinal Piala Soeratin pada 1984 atau sekitar 33 tahun lalu, saat Arizona Hamadi dkk sukses ke Final meski akhirnya kalah dari Persikasi Bekasi pada waktu itu.

Pada laga semifinal Kamis (27/10/2017) nanti, Laskar Kieraha Persiter Ternate akan berhadapan dengan Persita Tangerang, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jawa Tengah.

Author: Zaki Nino

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar