oleh

Menko Luhut Wakili Jokowi Buka Lomba Mancing Internasional Halmahera

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara Buyung Radjiloen mengemukakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mewakili Presiden Joko Widodo membuka acara memancing internasional di Halmahera Selatan pada 25 Oktober 2017.

“Bapak presiden sedianya akan membuka acara WIFT 2017, hanya saja masih banyak agenda kepresidenan di Jakarta sehingga belum sempat,” kata Buyung kepada KIERAHA.com Selasa malam (24/10/2017).

Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Maluku Utara. “Itu disampaikan langsung oleh bapak presiden melalui gubernur Maluku Utara (Abdul Gani Kasuba) ketika menghadiri acara Rakor (rapat koordinasi) di Istana Kepresidenan, Jakarta (Selasa sore),” ujar Buyung.

Menko Luhut bersama rombongan akan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate dan langsung bertolak menuju Bandara Oesman Sadik Labuha, Halmahera Selatan, Rabu siang pukul 13.00 WIT.

BACA JUGA

Peserta WIFT dari Makassar Optimis Menang

Ke Maluku Utara Kompolnas Pantau Morotai

Setibanya Menko Luhut di Bumi Saruma itu langsung disambut dengan beberapa upacara adat tradisi Kesultanan Bacan. Setelah itu, Menko Luhut dijadwalkan menghadiri rangkaian acara memancing internasional di Labuha dan Babang.

“Kemudian sesuai jadwal pada pukul 15.00 WIT, bapak Menko Maritim membuka secara resmi ivent Widi International Fishing Tournament,” kata Buyung.

Buyung meminta dukungan seluruh masyarakat Maluku Utara, agar lomba memancing internasional ini tetap berjalan aman dan lancar. “Dengan harapan Maluku Utara kedepan lebih dikenal,” sambung dia.

Kenapa Menko Luhut Wakili Presiden

Buyung menjelaskan, beberapa alasan kenapa Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang mewakili Presiden Jokowi membuka acara memancing. Menurut dia, ivent WIFT 2017 tidak hanya berkaitan dengan potensi kelautan dan perikanan.

Luhut Binsar Panjaitan. (Liputan6.com)

“Namun ada beberapa sektor yang akan dikembangkan pada ivent ini, di antaranya sektor pariwisata dan kelautan perikanan. Hal ini lah yang menjadi sandaran kenapa bapak Menko Maritim yang membuka acara WIFT 2017,” kata Buyung.

“Kalaupun ini khusus kelautan dan perikanan, maka dipastikan ibu menteri Susi Pudjiastuti yang akan membuka kegiatan ini. Tetapi karena berkaitan dengan adanya sektor lain sehingga pak Menko Luhut yang mewakili bapak presiden di sini.”

Buyung menambahkan, sejauh ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sangat mendukung pelaksanaan lomba mancing internasional di Halmahera Selatan.

“Bahkan saya sudah bertemu langsung dengan ibu menteri di Jakarta. Beliau sampaikan kalau berkesempatan, akan hadir,” Buyung Radjiloen memungkasi.

Bagikan Kabar Anda

Komentar