oleh

Misteri Suara Pasir Putih di Pantai Jorjoga Taliabu

Fenomena unik di pasir putih, pantai Jorjoga, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Hamparan pasir putih seluas 50 meter di Kecamatan Taliabu Utara bersuara.

Hal itu, dikatakan salah satu warga Sula, Ye Heder bin Syekh Abubakar, baru-baru ini. Dia menceritakan suara pasir tersebut persis lengkingan anak anjing ketika dipijak.

“Ngik… ngik… ngik..,” begitu lah bunyinya, kata Ye Heder.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Kepuluan Sula itu mengatakan suaranya makin jelas terdengar ketika matahari tiba.

“Di bawah terik matahari suara pasir lebih terang bunyinya. Mungkin karena pasir kering sehingga suara mirip anak anjing itu makin jelas,” katanya.

Pantai Desa Jorjoga sendiri memiliki hamparan pasir putih yang eksotis. Di pantai ini, hanya ada birunya laut dan suasana pantai yang teduh. Tidak ada keramaian dijumpai.

Ye Heder mengatakan pasir bersuara di pantai setempat menjadi sebuah destinasi atau tujuan wisata yang bisa dibilang unik. Tidak heran, kata dia, Pemda Kabupaten Pulau Taliabu berencana mengembangkan lokasi setempat sebagai kawasan pariwisata terpadu.

“Sejauh ini, belum ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena suara mirip anak anjing itu. Justru keunikannya lah yang menjadi daya tarik destinasi di Jorjoga,” katanya.

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar