News  

DKI Jakarta Keluar Sebagai Juara Umum STQN 2021 di Maluku Utara

Avatar photo
Panggung utama STQN di Sofifi. (kieraha.com)

Wakil Menteri Agama RI H Zainut Tauhid Saadi resmi menutup Seleksi Tilawatil Quran atau STQ tingkat Nasional ke XXVI di Sofifi, Maluku Utara pada Jumat malam, 22 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Zainut menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang berasal dari 34 provinsi se Indonesia yang meraih juara pada setiap cabang lomba dan golongan yang dipertandingkan pada STQ tersebut.

BACA JUGA Menag Yaqut Resmi Buka STQ Nasional ke XXVI di Sofifi Maluku Utara

“Bagi peserta yang belum berhasil meraih juara agar tidak berkecil hati, sebab tujuan mengikuti STQ ini bukan hanya sekedar mencari juara melainkan ada tujuan yang lebih mulia dan hakiki, yaitu untuk membumikan ajaran Islam, siar Islam dan menjalin ukhuwah Islamiah,” ucap Zainut.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Ia menjelaskan, Alquran sejatinya bukan sekedar bahasa Arab dalam pengertian etnik. tapi bahasa Ilahiah yang memuat pesan dan hikma agung bagi ummat manusia.

Zainut menambahkan, Alquran adalah jejak Illahi alam semesta, tahta dan bahasa. Dinamika bumi yang keluar dari kitab suci Alquran sejatinya adalah simbol illahia.

“Maka setiap pembacaan Alquran pada dasarnya merupakan ikhtiar untuk mengungkap khakikat ilahia yang maha agung,” lanjutnya.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim STQN Tahun 2021, terdapat 10 Provinsi yang masuk kategori 10 besar. Dari provinsi ini, peraih juara terbanyak dari Provinsi DKI Jakarta, disusul Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Papua. *

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara