News  

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Avatar photo
Prof Azyumardi Azra (memakai kopiah) saat memimpin pertemuan Dewan Pers dengan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan terkait RKUHP, di Gedung DPR, Senin 8 Agustus 2022. (Foto via DP/kieraha.com)

Prof Azyumardi Azra wafat di Rumah Sakit Serdang, Selangor Malaysia, Minggu 18 September 2022, sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

Kabar duka bagi Bangsa Indonesia dengan berpulangnya Ketua Dewan Pers dan Cendekiawan Indonesia ini disampaikan melalui siaran pers Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur.

BACA JUGA Tanggapan Komisi III DPR Soal Reformulasi RKUHP yang Disampaikan Dewan Pers

Dalam keterangan pers menyebutkan, pihak Rumah Sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yang terdapat kelainan pada jantung. Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung.

Almarhum sebelumnya mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang sejak tanggal 16 September 2022 saat ketibaan dari Indonesia setelah sempat mengalami sesak nafas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Saat akan tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur sempat berkomunikasi dengan pihak Angkatan Belia Islam Malaysia yang melakukan penjemputan. Selanjutnya beliau langsung dibawa menuju Serdang Hospital untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Masa perawatan, pihak Tim Medis Rumah Sakit Serdang menyampaikan beliau terdapat gangguan jantung sehingga memerlukan perawatan khusus di CCU. Pihak rumah sakit menyampaikan telah berupaya memberikan penanganan medis bagi kesembuhan almarhum.

Menurut Kedutaan, isteri dan anak Prof Azyumardi Azra mewakili pihak keluarga telah tiba di Kuala Lumpur pada tanggal 17 September 2022 untuk menjenguk di Serdang Hospital.

Selama proses perawatan KBRI Kuala Lumpur terus melakukan pendampingan. Saat ini KBRI Kuala Lumpur sedang menguruskan penanganan jenazah lebih lanjut.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Prof Azumardi Azra ke Malaysia untuk menghadiri acara sebagai narasumber pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, 17 September 2022 yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia.

Tokoh Pers Malaysia juga berkesempatan menjenguk beliau pada saat dirawat. **