Arena  

Cara Anak Muda Rum Tidore Kembangkan Bakat Sepak Bola

Avatar photo
Laga pembuka Turnamen Al Mujahidin CUP I yang mempertemukan Irmawan FC dan Organda FC, di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Rum, Sabtu 8 Juli 2023. (kieraha.com)

Turnamen gawang sedang Al Mujahidin CUP I resmi digelar, di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Rum, Kecamatan Tidore Utara, Sabtu 8 Juli 2023. Ajang sepak bola ini dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen.

Dalam sambutannya menyebutkan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda lingkungan II RT 005 Kelurahan tersebut.

“Semoga dengan keikhlasan kita menyemarakkan Hari Raya Idul Adha ini mampu menjadikan kita sebagai pibadi yang lebih baik dari sebelumnya,” ucap Muhammad Sinen.

Ia mengatakan, pelaksanaan turnamen ini patut dijadikan sebagai kebanggaan, karena kegiatannya dalam skala kecil namun mampu mempererat silaturahmi antarsesama masyarakat setempat.

“Melalui kegiatan ini pastinya akan menambah semangat kekeluargaan masyarakat Rum, Rum Balibunga dan sekitarnya. Olehnya itu, mari kita tunjukkan bagaimana memberi tontonan yang menarik untuk masyarakat, bukan hanya meraih juara dan mengangkat piala kemenangan, namun inti dari pertandingan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa olahraga adalah tentang sportifitas, sebuah sikap kesatria yang mengakui kelemahan dan berani untuk menunjukkan kemampuan terbaik,” katanya.

Pria yang akrab disapa Ayah Erik ini berharap, turnamen tersebut dapat berjalan lancar, menjunjung tinggi fair play, baik pemain, official, serta penonton untuk bersikap dewasa.

“Sembilan puluh menit di lapangan adalah menampilkan permainan yang terbaik, dan selebihnya kita adalah saudara. Jangan sampai hanya karena bola kaki kita malah menjadi musuh, dan hubungan kekeluargaan malah menjadi renggang,” lanjutnya.

Ayah Erik optimis dan percaya dengan suasana kekeluargaan yang terjalin di Kelurahan Rum dan Rum Balibunga masih menjadi contoh yang baik.

“Masyarakat kita di sini tidak akan terjebak dalam pola pikir dangkal, karena kita adalah satu kesatuan yang tidak mudah terpancing dengan persoalan sepele. Ingat untuk selalu menjaga ketertiban dan patuhi setiap aturan yang telah disepakati bersama, baik oleh tim maupun para penonton dan suporter tim,” sambungnya.

Laga pembuka Turnamen Al Mujahidin CUP I yang mempertemukan Irmawan FC dan Organda FC, di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Rum, Sabtu 8 Juli 2023. (kieraha.com)
Laga pembuka Turnamen Al Mujahidin CUP I yang mempertemukan Irmawan FC dan Organda FC, di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Rum, Sabtu 8 Juli 2023. (kieraha.com)

Ketua Panitia Jamal Jainal dalam laporannya menambahkan, Turnamen Al Mujahidin CUP I terdiri dari tim kategori anak-anak dan umum. Mayoritas tim peserta yang terdaftar berasal dari Kelurahan Rum dan Rum Balibunga. Selain itu terdapat sebanyak 7 tim tamu dari empat kelurahan sekitarnya.

“Ini terdiri dari Kelurahan Jiko Cobo 2 tim (anak-anak dan tim dewasa), dari Fobaharu 1 tim dewasa, Jaya 2 tim dewasa, dan 2 tim dari Maitara Tengah. Sedangkan jumlah seluruh tim yang berlaga mencapai sebanyak 46 tim,” sebutnya.

Kembangkan Bakat Anak Muda

Jamal menyatakan, tujuan dari turnamen ini untuk mengembangkan bakat anak muda, khususnya di bidang sepakbola Kelurahan Rum dan Rum Balibunga.

BACA JUGA Festival Kora Kora Resmi Digelar di Landmark Ternate

“Juga sekaligus menyiapkan bibit-bibit muda untuk event-event besar di Kota Tidore Kepulauan maupun di kanca nasional,” tambahnya.

Dalam ajang pembuka turnamen ini, terdapat dua tim yang berlaga, yakni Irmawan FC yang diperkuat oleh Ayah Erik dan Organda FC yang diperkuat oleh Rifan. Hasil dari laga pembuka dimenangkan oleh Organda FC dengan skor 1-0. *