News  

Enrique Maluku Pengeliling Dunia yang Pertama Berasal dari Tidore

Avatar photo
Lukisan Pohon Cengkih pertama yang dilukis oleh Antonio Pigafeta di Mareku, Tidore pada 1521. Lukisan ini resmi diserahkan kepada Wakil Presiden RI Maruf Amin saat acara Seminar Nasional, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Kamis 11 Mei 2023. (Dok humas/kieraha.com)

Enrique Maluku atau Enrique de Molucca merupakan seorang pemuda asal Indonesia yang tercatat sebagai pengeliling dunia pertama. Enrique berasal dari Tidore, Maluku Utara yang memulai pelayarannya dari daerah ini.

Sejarah orang pertama mengelilingi dunia ini dikupas dalam Seminar Nasional di Kota Tidore yang dibuka secara langsung oleh Wapres RI Maruf Amin pada Kamis, 11 Mei kemarin.

Seminar Nasional dengan tema Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia ini menghadirkan narasumber seperti Helmi Yahya, Reinhard R Tawas, Dona Widjajanto, Utomo Prastha dan Syaiful Rurai. Para narasumber ini secara terang-terangan memberikan pernyataan dan pengakuan bahwa Enrique adalah pengeliling dunia pertama dan berasal dari Tidore.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

Seminar yang berlangsung ini mengemukakan sejumlah data dan fakta yang diklaim kalau Enrique Maluku sebagai pengeliling dunia pertama dan bukan Juan Sebastian Elcano dalam Ekspedisi Magellan.

Helmi Yahya, penulis buku Clavis Mundi menuturkan, berdasarkan hasil penelitiannya bersama tim hingga sampai ke Spanyol ditemukan sejumlah buku dan referensi yang memperkuat sekaligus telah menggiring opini bahwa Enrique berasal dari Tidore.

“Kita harus berani mengklaim bahwa Enrique ini asli dan berasal dari Tidore,” kata Helmi.

Hal senada disampaikan oleh narasumber lainnya yang menyatakan bahwa Enrique Maluku berasal dari Tidore. Mereka kemukakan ini berdasarkan referensi yang dibaca.

“Untuk saat ini dipastikan bahwa pengeliling dunia pertama itu Enrique dan berasal dari Tidore, sampai ada bukti sejarah baru yang membantah itu,” lanjut Helmi.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

Asghar Saleh, seorang penulis dan politikus Maluku Utara yang memandu jalannya seminar itu juga menuturkan, dalam sebuah buku tentang sejarah rempah dunia yang ditulis oleh ahli sejarah menjelaskan bahwa ketika muncul kegalauan menyatakan dimana kampung halaman rempah-rempah itu berada, Enrique kemudian menunjuk ke arah Gunung Kie Matubu Tidore sebagai kampung halamannya.

BACA JUGA Kejayaan Cengkih Pulau-Pulau di Bawah Angin yang Hilang

“Enrique menunjuk ke arah dua gunung, yakni Gunung Gamalama (Ternate) dan Gunung Kie Matubu (Tidore), dan Enrique menunjuk dan menyebut Kie Matubu sebagai kampung halaman saya,” ujar Asgar mengutip ahli sejarah.

Kesepakatan dalam seminar ini juga mempertegas laporan dari Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim pada saat pembukaan seminar yang menyebutkan bahwa orang pertama yang mengelilingi bumi bukanlah Magellan tapi Enrique. *

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran