News  

Penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah Diputuskan Malam Ini

Avatar photo
Salat berjemaah di Masjid Almunawwar Ternate/kieraha.com

Umat Islam akan merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah Puasa Ramadan sebulan penuh. Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah ini masih menunggu hasil Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama RI, di Jakarta, Kamis malam waktu setempat.

Sidang penentuan 1 Syawal 1444 H ini dilakukan dengan mendengarkan laporan dari daerah atas hasil Rukyatul Hilal secara serentak di wilayah Tanah Air termasuk Provinsi Maluku Utara.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate Andri Wijaya Bidang mengatakan, pengamatan hilal di Kota Ternate, Maluku Utara akan dipusatkan di lokasi Tower Observatori BMKG Taduma.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

“Semua peralatan penunjang untuk melihat hilal sudah disiapkan. Pengamatan hilal akan dilakukan pada saat matahari terbenam,” ujar Andri, ketika dikonfirmasi, Kamis siang WIT.

BACA JUGA 3 Fase Gerhana Matahari Hibrida yang Terlihat dari Ternate

Ia mengatakan, apapun hasil dari Rukyatul Hilal nanti akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat untuk dijadikan dasar dalam Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah Tahun 2023.

“Pengamatan hilal untuk wilayah Maluku Utara, selain di Tower Observatori Hilal BMKG Taduma Ternate, juga dilakukan di Pantai Susupu, Halmahera Barat,” sambungnya. *

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News