News  

Polda Maluku Utara Pastikan Keamanan Selama Perayaan Idul Adha

Avatar photo
Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriah, di Asrama Haji Transit, Kelurahan Ngade, Ternate. (kieraha.com)

Polda Maluku Utara menjamin keamanan pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 di wilayah Malut. Jaminan keamanan ini mulai dari pelaksanaan Salat Idul Adha di sejumlah tempat ibadah hingga pemotongan hewan kurban.

Kepala Biro Operasi Polda Maluku Utara Kombes Pol Monang Maradu Zonir Simanjuntak menyebutkan, pengamanan masjid yang melaksanakan Salat Idul Adha akan dilakukan oleh 4 hingga 5 personel sesuai jumlah jemaah.

“Kalau membludak, pastinya anggota akan lebih banyak,” katanya, Rabu 28 Juni 2023.

Pengamanan ini, lanjut Karo Ops, juga melibatkan Polres jajaran di 10 Kabupaten Kota guna menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Untuk mengantisipasi ganguan Kamtibmas yang dipicu akibat minuman keras pasca Salat Idul Adha, lanjut Monang, pihak Polda Malut dan Polres jajaran akan melakukan patroli yang difokuskan pada beberapa titik termasuk lokasi keramaian.

“Jika kedapatan ada yang mengkonsumsi miras maka langsung ditindak,” katanya.

Untuk itu, Monang meminta kepada seluruh masyarakat di Maluku Utara untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di lingkungan masing-masing.

“Kalau ada informasi atau hal lain yang dapat menganggu Kamtibmas, mohon untuk melaporkan ke Kepolisian terdekat, sehingga laporannya bisa ditindaklanjuti untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” sambungnya. *