18 Kelurahan di Ternate Rawan Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

Avatar photo
Nuryadin Rachman. (kieraha.com)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mencatat sebanyak 18 Kelurahan dari 78 Kelurahan di wilayah Kota Ternate rawan terjadi gangguan Kamtibmas menjelang Pemilu 2024.

Potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat ini mulai terkafer sejak tahapan Pemilu tersebut berlangsung.

“Titik kerawanan gangguan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) ini tersebar di 4 Kecamatan dan terkafer berdasarkan data analisis dari Kesbangpol selama tahapan Pemilu berjalan,” kata Kepala Kesbangpol Kota Ternate, Nuryadin Rachman, ketika disambangi kieraha.com, di Kantor Walikota, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate Tengah, Selasa sore, 14 Februari 2023.

Ia menyatakan, pihak Pemkot Ternate akan melakukan koordinasi dengan TNI, Polri dan Kejaksaan Negeri Ternate dalam rangka upaya pencegahan potensi gangguan tersebut.

BACA JUGA Maluku Utara Masuk Tiga Besar Daerah Rawan Pemilu 2024

“Upaya pencegahan ini diantaranya kita akan bekerjasama dengan partai politik untuk melakukan pendidikan politik, sehingga partai politik tidak hanya menjadi tempat rekrutmen kader-kader terbaik saja tetapi juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pendidikan politik sesuai dengan harapan yang diatur dalam UU kepemiluan kita. Kemudian, kita dalam waktu dekat juga akan membuat MoU bersama TNI-Polri termasuk Kejaksaan Negeri. Terakhir kita akan melakukan kegiatan patroli di wilayah teritorial rawan Kamtibmas bersama lembaga yang tergabung dalam Desk Pemilu,” jelasnya.

Langkah pencegahan akan diterapkan setelah rapat antara Pemkot bersama Forkopimda.

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News