Rantau  

Pelaksanaan Sail Tidore Masih Kekurangan Anggaran

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto bersama Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dan peserta rapat koordinasi melakukan peninjauan ke lokasi pusat pelaksanaan Sail Tidore. (Kieraha.com/Hairil Hiar)

Pelaksanaan Sail di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada tahun 2022 masih terkendala minimnya anggaran daerah.

Ismail Dukomalamo, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan mengemukakan, pada APBD Kota Tidore Kepulauan TA 2022 hanya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Anggaran ini akan difokuskan untuk membangun infrastuktur pendukung Sail di Kota Tidore.

BACA JUGA Ribuan Pegawai di Tidore Ikut Senam Bersama dan Jalan Sehat

Karena itu, lanjut Ismail, Pemkot Tidore sangat berharap adanya peran dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk ikut mengalokasikan anggaran pada APBD nya.

“Apalagi pemprov berada di wilayah Kota Tidore Kepulauan, artinya pemprov juga bagian dari Tuan Rumah Sail Tidore, sehingga peran pemprov dalam mensukseskan Sail Tidore itu sangat kami harapkan,” ujar Ismail, begitu dikonfirmasi wartawan, Kamis, 25 November 2021.

Ia menambahkan, persiapan untuk Sail Tidore 2022 sangat erat dengan ketersediaan infrastruktur. Yang dari segi penyelenggaraan dan non penyelenggarannya, jika dilihat dari kondisi keuangan daerah kota setempat belum mampu membiayai kegiatan dengan skala nasional ini apabila tidak didukung oleh Pemprov Malut dan pemerintah pusat.

BACA JUGA Pengakuan Kota Jaringan Global Magellans bagi Tidore

Meski begitu, Pemkot Tidore, sambung Ismail, pelaksanaan Sail ini akan tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada bulan November mendatang.

“Kami akan selalu berkoordinasi dengan Pemprov Malut terkait kesiapannya ini,” lanjutnya. *