Pemerintah Pusat Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 3 April 2022

Avatar photo
Masjid El Sahaba di Mesir. (Hairil Hiar/kieraha.com)

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI menetapkan awal puasa Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu 3 April 2022. Penetapan ini diputuskan melalui sidang Isbat.

“Sepakat kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari ahad tanggal 3 April 2022,” kata Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, melalui siaran pers, di Jakarta.

BACA JUGA Pantauan Hilal di Ternate Maluku Utara Tertutup Awan

Laporan hasil rukyatul hilal yang dilaksanakan di 101 titik di 34 Provinsi seluruh Indonesia ini termasuk dengan pemantauan hilal yang dilakukan di Pulau Ternate, Jumat 1 April 2022.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Hasil pemantauan hilal di 101 titik tersebut yang menjadi landasan pertimbangan untuk pemerintah pusat dalam menetapkan awal puasa Ramadan pada hari Minggu 3 April 2022.

Sidang Isbat awal puasa Ramadan ini melibatkan sejumlah pihak dari Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, BMKG, Badan Informasi Geospasial, Pakar Falak dari Ormas Islam, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, serta Pimpinan Ormas Islam dan Pondok Pesantren. *