Ini yang Disampaikan Kapolda Maluku Utara Saat Apel Gelar Personel dan Peralatan di Sofifi

Avatar photo
Kapolda Malut saat memimpin apel gelar pasukan di Mako Polda Sofifi. (Khaira Ir Djailani/kieraha.com)

Aktivitas Polda Maluku Utara resmi berpindah dari Ternate ke Sofifi, Kamis 1 September 2022. Ini disampaikan oleh Kapolda Irjen Pol Risyapudin Nursin, saat memimpin apel gelar personel dan peralatan di Mako Polda Malut, di Sofifi, Kamis pagi Waktu Indonesia Timur.

Aktivitas kantor perdana Mako Polda di ibu kota provinsi ini, juga dirangkai syukuran atas kepindahan Polda Malut ke Kota Sofifi. Hadir Gubernur Malut, Forkopimda, Wakapolda dan PJU Polda Malut, Danlanal Ternate, Kapolres Tidore, dan personel Polda Malut.

BACA JUGA Gubernur Senang Polda Maluku Utara Mulai Aktif Berkantor di Sofifi

Kapolda menyampaikan bahwa berdasarkan UU Nomor 46 Tahun 1999 tentang pembentukan Provinsi Maluku Utara, maka diberikan tanggung jawab untuk berpindah dari Mako Polda di Ternate menuju Mako Polda Sofifi guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Sofifi.

“Terhitung 1 September 2022, Polda Maluku Utara telah memobilisasi 50 persen anggota dan kendaraan untuk beroperasional di Sofifi, dan pada awal tahun 2023 diharapkan Polda Maluku Utara sudah beroperasional sepenuhnya di Sofifi,” ujar Kapolda.

Ia menyebutkan, guna mendukung percepatan pembangunan Sofifi, Polda Malut juga akan melakukan pembangunan infrastruktur Kepolisian, yakni RS Bhayangkara, Polresta Tidore, dan infrastruktur lainnya.

“Sehingga dapat menunjang pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Kapolda berpesan untuk segera beradaptasi dan lakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang dapat menjadi potensi gangguan, kemudian selalu berkoordinasi dengan tokoh adat, agama, serta tokoh masyarakat setempat.

Kapolda mengingatkan untuk selalu jaga kekompakan dan soliditas TNI dan Polri, serta tetap menjaga nama baik institusi Polri dan menghindari perbuatan yang dapat menurunkan citra Kepolisian.

Lokasinya Strategis

Apel gelar personel dan peralatan Polda Malut di Mako Polda Sofifi. (Khaira Ir Djailani/kieraha.com)
Apel gelar personel dan peralatan Polda Malut di Mako Polda Sofifi. (Khaira Ir Djailani/kieraha.com)

Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil menjelaskan, langkah Kapolda Irjen Pol Risyapudin Nursin ini merupakan keseriusan Polda Malut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta mendorong percepatan pembangunan Sofifi.

Secara Geografis, letak Mako Polda Sofifi sangat strategis, karena terhubung langsung dengan lima kabupaten kota di Malut, yakni Tidore Kepulauan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Barat dan Halmahera Utara, sehingga memudahkan personel untuk memantau dan bertugas dalam pemeliharaan Kamtibmas.

Tentunya, lanjut Michael, masih banyak yang perlu dan akan diperbaiki serta dipersiapkan. Baik perumahan dinas, ketersediaan air bersih hingga jaringan untuk menunjang tugas Kepolisian.

“Semoga segala sesuatu kekurangan yang ada akan segera terpenuhi agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.