Disarpus Maluku Utara Gelar Sosialisasi dan Kemah Literasi di Malifut

Avatar photo
Peserta kemah literasi di Malifut. (Andre Sudin/kieraha.com)

Ratusan pelajar di wilayah Kabupaten Halmahera Utara mengikuti kegiatan sosialisasi dan kemah literasi. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atau Disarpus Provinsi Maluku Utara, di lapangan SMP S Inforri Malifut, Selasa 6 September 2022.

Peserta pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat ini berasal dari SMA Negeri 4 Halmahera Utara, Madrasah Aliyah Negeri 2, SMK Teknologi, SMP Negeri 4, SMP S Inforri dan MTS Negeri 2 Malifut.

BACA JUGA Disarpus Maluku Utara Pacu Minat Baca Anak hingga ke Utara Halmahera

“Sosialisasi dan Kemah Literasi ini dirangkai dengan berbagai lomba yang meliputi lomba bercerita, lomba cerpen, lomba baca puisi, lomba pidato dan tarian daerah,” kata Kepala Disarpus Maluku Utara, Muliadi Tutupoho, saat membuka kegiatan tersebut.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Ia menyebutkan, kegiatan yang dilakukan merupakan sosialisasi dan promosi Gerakan Sibua Literasi untuk mewujudkan Maluku Utara Membaca dan Maluku Utara Cerdas.

“Dukungan dari pelajar yang ada di Maluku Utara pada umumnya dan Halmahera Utara pada khususnya ini, agar kita sama-sama meningkatkan kualitas baca,” lanjutnya.

Mantan Ketua KPU Malut itu mengajak, pelajar setempat agar mengasah keterampilan dan meningkatkan kualitas dengan cara membaca dan terus belajar.

“Membaca itu bukan kewajiban tetapi menjadi kebutuhan. Karena dengan membaca kita bisa menjadi orang yang baik,” sambungnya.

Sosialisasi dan kemah literasi di Malifut ini mendapat antusias pelajar dan dewan guru.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini adalah Kepala SMP S Inforri Masita Abas, Kepala SMA Negeri 4 Gajali Limatahu, mewakili Kepala MAN 2 Roslan Muhammad, Kepala SMK 2 Iswan Hadad, mewakili Kepala MTS Negeri 2 Akbar Maujud, dan mewakili Kepala SMP Negeri 4 Iswandi Alim. *

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara