Di Balik Rumah Adat Solo dan Penghuni Jinak Hutan Karet Bacan

Avatar photo

Taman Budaya Saruma namanya. Di sana ada 20 rumah adat dari berbagai etnis yang dibangun di areal hutan karet berumur ratusan tahun. Letaknya tak jauh dari Kantor Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Demikian kata Helmi Botutihe, Sekda Halmahera Selatan, ketika disambangi kieraha.com di Ternate, Sabtu malam. Dia mengemukakan, rumah-rumah adat tersebut sengaja dibuatkan khusus untuk Presiden Joko Widodo dan rombongan yang dijadwalkan tiba di Bandara Oesman Sadik Labuha pada 25 Oktober 2017.

“Dua puluh rumah adat ini salah satunya berbentuk rumah adat Solo. Ini dibuatkan untuk ditempati bapak presiden saat berada di Bacan. Di samping itu ada rumah adat etnis Bacan, Tobelo, Galela, Makian, Kayoa, Gane, Gorontalo, Bugis, Buton, Sanana, Tidore, Ternate, Arab dan Cina,” kata Helmi.

Helmi mengatakan rumah-rumah adat di Bumi Saruma ini merupakan simbol pemersatu warga masyarakat yang berdomisili di kabupaten setempat.

“Ini merupakan ikon baru yang dibuat atas ide bapak bupati Bahrain Kasuba. Karena di sini walaupun banyak etnis namun kita tetap hidup rukun. Makanya kita buatkan rumah adat ini sebagai simbol pemersatu,” ujar dia.

“Jadi kita bangun Taman Budaya Saruma ini bertujuan untuk mengingatkan bahwasannya kita di Halmahera Selatan ini berbeda-beda tetapi tetap satu. Di mana kita selama ini terdapat banyak etnis namun tetap rukun.”

Penghuni Jinak Kebun Karet

Helmi mengatakan areal hutan karet di sekitar rumah-rumah adat tedapat endemik asli Bacan. Di sana disebut yakis atau monyet dalam bahasa Indonesia.

Ilustrasi monyet Bacan. (dok istimewa)

Menurut Helmi, yakis Bacan penguin Hutan karet itu jinak asalkan tidak diganggu oleh pengunjung.

“Jumlahnya yakis mencapai ratusan ekor. Ini menjadi daya tarik tersendiri ketika pengunjung atau bapak presiden berada di sana,” katanya.

“Ini yang membuat area hutan karet sengaja dikembangkan menjadi salah satu kawasan pariwisata di Halmahera Selatan. Yang nantinya akan dibuatkan juga tempat bermain anak-anak dan kolam renang,” tambahnya.