Pesona Wisata Akebay Maitara di Tidore Kembali Pikat Kemenparekraf

Avatar photo
Turut serta Pokdarwis Akebay Maitara dalam rombongan Walikota Tidore
Walikota Tidore bersama rombongan yang menghadiri ADWI 2023. (dok. Humas)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf kembali menetapkan Wisata Akebay, Desa Maitara, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan menjadi bagian dari 75 desa wisata terbaik di Indonesia.

Selain salah satu wisata terbaik, Akebay juga menjadi juara harapan ke-7 penghargaan 10 terbaik kategori Kelembagaan dan CHSE, dalam perhelatan Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023, di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu, 27 Agustus 2023.

BACA JUGA Pesona Pantai Wisata Akebay Maitara yang Wajib Anda Kunjungi

Berkat hal itu, Akebay mendapatkan uang tunai sebesar Rp12,5 juta dan piala, yang diberikan langsung Staf Khusus Bidang Akuntabilitas Pengawasan dan Reformasi Birokrasi Kemenparekraf Krisnadi kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Akebay Arifin Maujud.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Zikir dan Doa Bersama Sambut Tahun Baru Islam

Sandiaga Salahuddin Uno, Menparekraf mengatakan, ADWI telah membangun desa selama tiga tahun terakhir, dirinya juga merasa bangga dengan desa yang telah mendunia.

“Begitu kira-kira harapan dan keinginan kita, bagaimana kita kedepan, setelah tiga tahun berlalu, saya merasakan semangat yang sama, konsistensi membangun desa wisata yang sama besarnya, saya berterima kasih kepada semua yang hadir, dari pengelola desa wisata hingga kepala dinas pariwisata, Bupati dan Walikota, hingga Gubernur seluruh Indonesia,” tutur Sandiaga, dalam rilis yang diterima kieraha.com.

Menurut Sandiaga, membagun desa wisata bukan sekedar program pemerintah, melainkan perjalanan spiritual segenap insan, karena akan membangun ekonomi dari desa.

“Bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguh luar biasa, dan saya semakin yakin, bahwa ternyata bukan Indonesia yang membangun desa, tetapi desalah yang membangun Indonesia, dan saya yakin betul bahwa desa wisata Indonesia sudah siap mendunia,” ujarnya.

BACA JUGA  Sekolah PAUD Terpadu Mujahidin di Rum Tidore Resmi Dilaunching

Dia menjelaskan, banyak pihak yang mempertanyakan hal ini ketika baru dimulai, apalagi pada saat dunia dilanda pandemi, masyarakat sangat merasakan dampaknya.

Namun, katanya, dengan kekuatan tekad dan semangat bersama, mereka memutuskan untuk memulai ADWI.

“Karena saya yakin kebangkitan ekonomi itu bukan dimulai oleh sosok-sosok yang ada di pusat, tetapi kebangkitan ekonomi berawal dari sosok-sosok dan jiwa-jiwa yang tak mau kalah,” ungkapnya.

Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim menyatakan, rasa bangganya kepada seluruh pihak bekerja keras untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Tidore.

Ali menambahkan, khususnya rasa bangga dan penghargaan itu kepada Kepala Desa Maitara, perangkat desa, Pokdarwis, dan masyarakat.

“Terima kasih kami sampaikan khusus kepada Kepala Desa Maitara bersama jajaran yang telah bekerja keras bersama masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata Desa Maitara, sehingga prestasi Anugerah Desa Wisata Tahun 2023 ini, Akebay masuk dalam 20 besar terbaik,” tambahnya.*

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Hadiri Upacara dan Pelantikan Siswa Bintara Polri di SPN Polda Malut