oleh

Panwas Ternate Utara Pastikan Data Hasil Pengawasan tak Bermasalah

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Ternate Utara memastikan data hasil pengawasan Pilkada Serentak 2020 di Kota Ternate tidak bermasalah. Ini disampaikan Ketua Panwascam Putri Nurdiana Jailan saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rakor Konsolidasi Data Hasil Pengawasan Pilkada Ternate, Rabu 23 Desember 2020.

“Tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Konsolidasi Data ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait  data-data pengawasan yang dilaporkan secara berjenjang oleh Pengawas TPS, Pengawas Kelurahan, dan Panwascam dalam melakukan pengawasan seluruh tahapan Pilkada Ternate 2020 terutama saat pengawasan tahapan pungut hitung yang berlangsung,” sebut Putri.

BACA JUGA

Fakta di Balik Misteri Angka Kemenangan TULUS di Pilkada Ternate

Rusly Saraha, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Ternate, yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan beberapa hal, yakni terkait kegiatan konsolidasi data itu perlu dibutuhkan Konsistensi Pengawas Kelurahan dan Panwascam. Selain itu, lanjut Rusly berharap Pengawas Kelurahan dapat mendukung Panwascam dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh Panwascam.

“Karena kawan-kawan Panwascam buat laporan harus ada data dari bawah, yaitu dari petugas PPL dan PTPS. Juga PPL bertanggungjawab kepada PTPS,” lanjutnya.

Anggota Panwascam Divisi PHL Revelyno M Hitiahubessy menambahkan, melalui Rakor Konsolidasi Data Hasil Pengawasan yang menghadirkan 14 anggota Pengawas Kelurahan, PTPS, dan Pimpinan Bawaslu dari Divisi PHL ini, diharapkan memberikan referensi dalam hal penyempurnaan data-data hasil pengawasan pada tahapan pemilihan terutama tahapan pungut hitung.

“Juga untuk menganalisis jenis-jenis pelanggaran sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam pelaksanaan pengawasan pilkada di tahun mendatang,” tambahnya. (kr1) **

Apriyanto Latukau

Bagikan Kabar Anda