oleh

Pasokan Air Bersih PDAM Ternate Berwarna Kuning

Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM di Ternate mengeluhkan layanan air bersih yang jarang mengalir. Bahkan di beberapa titik air sudah berwarna kuning.

Hal itu disampaikan massa aksi dari Pusat Studi Mahasiswa Ternate yang menggelar aksi demonstrasi, di depan kantor walikota, Jalan Pahlawan Revolusi, Senin 20 Juli 2020.

Rano, koordinator massa aksi menyatakan, pelayanan air bersih yang sudah terjadi sekitar tiga bulan itu berlangsung di wilayah Kecamatan Ternate Barat dan Pulau Ternate.

Ia mengatakan warga saat ini khawatir akan kesehatan mereka yang mengonsumsi air itu.

Rano menyatakan, adanya masalah ini, pihak warga meminta Pemerintah Kota Ternate untuk memfungsikan bak penampungan air yang tersebar di beberapa wilayah kelurahan saat ini.

Massa aksi juga meminta pemerintah kota menertibkan Pengawas PDAM Ternate.

Asisten III Sekretariat Daerah Pemkot Ternate, Tamrin Alwi, saat menyambut aksi mahasiswa itu, berjanji meneruskan tuntutan tersebut kepada Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

Menurut dia, pemkot sendiri baru mengetahui adanya permasalahan air di perusda tersebut.

“Terkait masalah ini setelah selesai pertemuan dengan kalian baru saya sampaikan ke Pak Wali Kota. Kita akan memanggil Direktur PDAM untuk sampaikan masalahnya. Kalau ini terkendala di mesin pompa air maka dilakukan pelayanan dengan mobil tangki,” kata Tamrin.

“Terkait dengan fungsi pengawasan yang dilakukan PDAM, nanti kita panggil mereka untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di dua kecamatan itu, kalau ada permasalahan yang serius maka langsung dilakukan perbaikan oleh petugas PDAM,” tambahnya.

Sahrul Jabidi
Author
BAGIKAN