oleh

Pelanggaran Saat Pelayaran Masih Ditemukan di Ternate

Unsur Maritim bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas II Ternate, menggelar patroli gabungan, Kamis (2/1/2020).

Patroli ini menggunakan kapal KNP 358, KNP 5023, dan RIB, mulai dari Pelabuhan Dufa Dufa, Armada Semut Mangga Dua, dan Bastiong.

“Kegiatan ini masih dalam rangka perayaan natal dan tahun baru 2020. Ini juga merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan, sehingga harapan kami pada operasi-operasi selanjutnya akan dijadwalkan secara rutin,” kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas II Ternate, Capt. Slamet Isyadi, kepada kieraha, di Ternate, Kamis.

Dalam operasi ini, kata Slamet, masih ditemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan Motoris, seperti mengangkut penumpang di atas dek kapal yang bukan tempat penumpang, dan tidak adanya manifest penumpang pada speedboat Bastiong-Rum.

Slamet bilang, untuk menimalisir kecelakaan pada pelayaran di laut perairan tersebut, maka saat ini masih dilakukan upaya-upaya edukasi, dengan memberikan imbauan melalui baliho yang ditempatkan di setiap pelabuhan.

“Ini dengan harapan agar pengguna jasa transportasi laut bisa bijak dalam melakukan pelayaran dengan tidak memaksakan diri naik ke kapal yang sudah penuh,” ujarnya.

“Karena itu diperlukan komitmen bersama, baik itu regulator operator dan pengguna jasa kapal laut, untuk menjadikan keselamatan tidak sekedar pemenuhan tanggung jawab dan kewajiban, melainkan menjadi budaya transportasi pelayaran,” sambungnya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN