oleh

Pelunasan BPIH dan Pengurusan Paspor JCH Malut Rampung

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara, Amar Manaf menyatakan, sampai batas akhir pembayaran BPIH tahap kedua sudah tercatat sebanyak 1.073 JCH asal Maluku Utara yang melakukan pelunasan.

Amar mengemukakan, JCH yang berasal dari 10 Kabupaten Kota tersebut melakukan pelunasan melalui bank penerima pelunasan BPIH yang ada di provinsi setempat.

“Dari jumlah tersebut seluruhnya sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH),” kata Amar Manaf saat dihubungi melalui telepon Sabtu (26/5/2018).

Amar mengatakan semua paspor jemaah calon haji Maluku Utara ini sudah rampung, termasuk di antaranya 79 jemaah calon haji yang melunasi BPIH tahap kedua Minggu.

Meski begitu, sambung Amar, dari semua paspor JCH tersebut, ada 3 jemaah calon haji yang harus melakukan perbaikan nama karena adanya penambahan marga. “Untuk saat ini seluruhnya sudah dalam proses perbaikan di Kantor Imigrasi,” katanya.

Terbagi dalam Tiga Kloter

Kasubag Informasi dan Humas Samsuddin Fatahuddin mengatakan JCH yang akan berangkat ke tanah suci melalui embarkasi Makassar ini terbagi dalam tiga kelompok penerbangan, yakni kloter 7, 8 dan 9.

Foto ilustrasi. (dok istimewa)

“Tim negosiasi pesawat haji, akomodasi dan konsumsi JCH serta operasional lainnya telah dibentuk dan ditandatangani Plt Gubernur Malut. Tinggal menunggu hasil pelaksanaan dan hasil yang akan ditetapkan untuk maskapai angkutan haji khusus JCH asal Maluku Utara,” kata Samsudin.

“Untuk sahara (bagasi) dan persiapan lainnya sudah dilaksanakan oleh pihak Kementerian Agama termasuk akomodasi JCH di Asrama Haji serta operasional haji lainnnya.”

Munawir Taoeda

Bagikan Kabar Anda

Komentar